Sunday, 21 April 2019

Jokowi: Dulu Charlie Chaplin Naik KA dari Bandung ke Garut

Jumat, 18 Januari 2019 — 18:02 WIB
Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo naik kereta api dari Stasiun Bandung menuju ke Cibatu, Garut, Jabar. (ist)

Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo naik kereta api dari Stasiun Bandung menuju ke Cibatu, Garut, Jabar. (ist)

JAKARTA– Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, jalur kereta yang melaui stasiun-stasiun yang akan dihidupkan kembali oleh pemerintah memiliki latar belakang pemandangan yang indah. Sehingga tidak mengherankan jika aktor Charlie Chaplin pernah dua kali melihat keindahan tersebut dengan naik kereta api.

“Dulu pernah lho ke Garut ini tahun 1926 Charlie Chaplin. Betul, dua kali lagi. Karena melihat keindahan ini, naiknya kereta api,” kata Jokowi usai menyerahkan 257 sertifikat untuk masjid, musala, pondok pesantren, dan lembaga-lembaga pedidikan, di Masjid Besar Cibatu, Garut, Jabar, Jumat (18/1/2019) siang.

Menurut Presiden, dulu Charlie Chaplin juga turun di Bandung, kemudian naik ke Garut dengan kereta api. Tentu saja, sambung Presiden, sama sambil melihat pemandangan yang indah di kanan-kiri rel kereta.

Untuk itulah, Pemerintah akan kembali mengaktifkan stasiun kereta yang pernah ditutup itu, disamping juga untuk menumbuhkan titik-titik perekonomian baru.

Menurut Presiden, Pemerintah memulai reaktivasi jalur-jalur kereta baru. Tidak hanya satu, tapi ada 4 (empat) yang akan segera dimulai termasuk nanti yang masuk ke kawasan-kawasan wisata, karena memang dulunya ini menyangkut kawasan-kawasan wisata.

Meskipun ingin segera dimulai, Presiden Jokowi memberi target 2 (dua) reaktivasi jalur kereta yang menyangkut 4 stasiun itu bisa diselesaikan.

Keempat stasiun KA yang akan segera direaktivasi itu adalah:

1. St. Bandung-Ciwideuy, berlokasi di Soreang, Ciwidey, Kota/Kab Bandung;

2. St. Banjar-Pangandaran-Cijulang, berlokasi di Banjar, Pangandaran;

3. St. Cibatu-Garut-Cikajang, berlokasi di Cibatu, Garut, Cikajang;

4. St. Rancaekek-Tanjungsari, berlokasi di Kota/Kab Bandung, Sumedang. (*/b)