Sunday, 18 August 2019

Membalikkan Keadaan Barcelona Gilas Levante 3-0

Jumat, 18 Januari 2019 — 5:32 WIB
Messi dan Dembele bersama pemain Barca lainnya rayakan kemenangan atas Levante (reuters)

Messi dan Dembele bersama pemain Barca lainnya rayakan kemenangan atas Levante (reuters)

SPANYOL– Barcelona berhasil membalikkan keadaan dan menang 3-0 atas Levante pada laga leg kedua babak 16 Copa del Rey di Camp Nou, Jumat (18/1/2019) dinihari WIB.

Dengan demikian Barcalona unggul secara agregat 4-2 karena pada leg pertama pekan lalu di kandang Levante Barca kalah 1-2.

Kemenangan telak ini membawa Barcelona lolos ke perempat final dan berkesempatan mempertahankan gelar.

Adalah Ousmane Dembele yang jadi bintang pada laga ini dengan dua golnya masing-masing menit ke-30 dan menit ke-31. Satu lagi gol tuan rumah diciptakan oleh Lionel Messi menit ke-54.

Kali ini Ernesto Valverde tidak mau anggap enteng terhadap Levante. Pasalnya pada laga pertama secara mengejutkan Blaugrana kalah 1-2 di kandang Levante pekan lalu.

Oleh karena itu jika pada leg pertama turun dengan pemain pelapis, leg kedua Valverde menurunkan pemain terbaiknya minus Luis Suarez dan kiper Ter Stegen.

Tentu ini dilakukan sang pelatih agar mereka bisa membalikkan keadaan dan berharap bisa mempertahankan gelar yang direbut musim lalu.

Butuh minimal menang 1-0 membuat Barca langsung menekan pertahanan Levante. Awalnya tidak mudah bagi tuan rumah menjebol gawang Levante yang bermain disiplin bertahan.

Levante memang lebih banyak bertahan berharap bisa mempertahankan keunggulan 2-1. Nyatanya impian Levante tidak kesampaian.

Pasalnya menit ke-30 akhirnya Barca mampu memecah kebuntuan lewat tembakan keras kaki kiri Dembele.

Hanya berselah semenit Dembele kembali mencetak gol usai menerima umpan terobosan dari Messi.

Menit ke- 39 Lionel Messi nyaris menambah gol. Menerima assist dari Dembele, sang kapten tim melepaskan tembakan keras dengan kaki kanan sayang masih bisa diselamatkan pemain belakang Levante. Babak pertama berakhir dengan kedudukan 2-0.
Memasuki babak kedua, Barcelona tidak memberikan kesempatan bagi Levante berkembang. Barca terus menekan pertahanan tim tamu.

Sedangkan Levante mulai berani keluar menyerang meski selalu gagal. Mereka berharap jika bisa memperkecil kekalahan jadi 1-2 maka laga akan ditentukan dengan perpanjangan waktu.

Sayang usaha Levante tidak terwujud karena menit ke-54 justru Barca yang menjauh lewat gol Messi yang menerima umpan dari Nelson Semedo.

Unggul 3-0 membuat Barca kian nyaman mengendalikan permainan. Hampir 69 persen Barca menguasai bola. Ada 13 peluang yang diciptakan sayang hanya tidak yang jadi gol hingga laga berakhir. (b)