Saturday, 23 February 2019

Sandiaga Mulai Kumpulkan Bahan untuk Debat ke-Tiga Lawan Ma’ruf Amin

Jumat, 18 Januari 2019 — 15:52 WIB
Paslon 02 Prabowo-Sandi usai Debat Pilpres pertama di Bidakara.(yendhi)

Paslon 02 Prabowo-Sandi usai Debat Pilpres pertama di Bidakara.(yendhi)

JAKARTA – Meski mengaku puas dengan hasil debat perdana, namun Calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno enggan berleha-leha. Sejak hari ini dirinya mulai menyerap aspirasi masyarakat guna mengumpulkan bahan untuk debat ke-tiga yang akan dilaksanakan pada 17 Maret 2019.

“Baru Maret kan itu ya? belum ada (persiapan) tapi justru karena topiknya ketenagakerjaan, kesehatan saya perlu mengumpulkan data-data, kayak kemarin itu kita punya data-data lengkap mengenai hukum, HAM, terorisme dan korupsi dari kunjungan-kunjungan kita,” kata Sandiaga di kawasan Kabayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (18/1/2019).

Pengusaha sukses ini akan fokus mengunjungi beberapa wilayah di Indonesia untuk mendengar keluhan-keluhan rakyat terutama yang menyinggung soal tema debat berikutnya yakni pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya.

Sandiaga akan berhadapan langsung dengan Calon Wakil Presiden nomor urut 01 KH. Ma’ruf Amin pada debat ke-tiga. Sementara debat ke-dua pada 17 Februari hanya akan mempertemukan antar calon presiden yakni Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto.

“Nah ini nanti kunjungan saya ke dua bulan ke depan saya akan fokus untuk mengumpulkan data-data mengenai topik-topik yang akan dibahas di debat-debat berikutnya,” ucap Sandiaga.

Eks wakil gubernur DKI Jakarta ini menilai penting mengusung keluhan-keluhan masyarakat untuk diangkat dalam debat. Pasalnya, debat tidak hanya untuk dua kandidat capres cawapres dan penonton di ruang debat melainkan untuk seluruh rakyat Indonesia.

“Karena kita itu berdebat itu bukan untuk kita kok, untuk ratusan juta yang nonton di rumah, bukan yang ada di dalam ruangan itu atau yang pendukung kita tapi untuk yang belum menentukan pilihan atau sudah menentukan pilihan tapi belum mantap, itu yang menjadi sasaran kita,” tandas Sandiaga.

Untuk diketahui, debat kedua akan mempertemukan antar calon presiden yang akan digelar pada 17 Februari 2019 di Hotel Fairmont, Senayan, dengan tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, lingkungan hidup.

Debat ketiga akan dilaksanakan pada 17 Maret 2019 di Hotel Sultan, Senayan dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya yang mempertemukan antar calon wakil presiden.

Debat ke-empat pada 30 Maret 2019 di Balai Sudirman, Tebet dengan tema ideologi, pemerintahan keamanan serta hubungan internasional yang kembali mempertemukan antar calon presiden.

Sementara debat ke-lima belum ditentukan waktu penyelenggaraan namun akan dilaksanakan di Hotel Bidakara, Pancoran dengan tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri dengan peserta kedua pasangan capres cawapres. (yendhi/tri)