Monday, 16 September 2019

Menhub Budi Karya Tanggapi Hati-Hati Wacana Motor Boleh Masuk Tol

Selasa, 29 Januari 2019 — 21:59 WIB
Tol Cikampek

Tol Cikampek

JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membahas wacana sepeda motor masuk jalan tol secara hati-hati.

“Kita akan lihat undang-undangnya dahulu seperti apa, jadi wacana motor masuk tol kita pelajari dahulu,” ujar Budi Karya, Selasa (29/1/2019).

Budi mengungkapkan sepeda motor memiliki risiko kecelakaan yang tinggi. Bahkan data yang diperoleh 70 persen kecelakaan terjadi karena sepeda motor. “Jadi saya akan pelajari regulasinya,” tuturnya.

Budi menerima wacana itu sebagai masukan dan akan membahasnya dengan pihak terkait termasuk Ketua DPR RI Bambang Soesatyo akan diundang.

Ketua DPR Ketua DPR Bambang Soesatyo mengusulkan agar pemerintah mulai mewacanakan perizinan penggunaan jalan tol oleh pengguna sepeda motor.

Menurut Bambang, pengendara motor punya hak yang sama dengan pengendara mobil atas jalan bebas hambatan tersebut dikarenakan sama-sama bayar pajak, sama-sama warga negara Indonesia.

“Masa pengemudi motor enggak boleh menikmati hasil pembangunan,” sindir Bambang, Selasa (29/1/2019).

Dia berpendapat, sudah saatnya pemerintah memikirkan fasilitas-fasilitas untuk pengendara motor. Apalagi, jumlah pengendara motor juga tidak sedikit.

Sedangkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan pemerintah saat ini sedang membahas regulasi terkait rencana sepeda motor diizinkan masuk jalan tol.

“Sepeda motor diperbolehkan masuk jalan tol sebelumnya sudah diterapkan di Tol Suramadu Jawa Timur dan Tol Mandara di Bali,” cerita Basuki. (dwi/b)