Thursday, 27 June 2019

Lembab, Kotak Suara Rusak Saat Dites Diduduki

Kamis, 31 Januari 2019 — 22:49 WIB
Contoh kotak suara yang akan digunakan pada Pemilu 2019. (rihadin)

Contoh kotak suara yang akan digunakan pada Pemilu 2019. (rihadin)

JAKARTA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menemukan kotak suara yang kondisinya tidak lagi layak di Jawa Barat. Kotak suara tersebut tidak cukup kuat saat diuji dengan diduduki. Bawaslu mendapati kotak suara tersebut dalam keadaan lembab.

Anggota Bawaslu, Mochammad Afifuddin, mengungkapkan temuan kotak suara tidak layak itu didapati saat tim Bawaslu Jabar melakukan sidak ke tempat penyimpanan kotak surat milik Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Mereka sidak ke tempat penyimpanan kotak suara, mengawasi logistik lah ya, terus kaya seperti biasanya lah, coba didudukin, menurut informsai tadi dari korlip pengawasannya kelihatannya kelembabannya berbeda dengan ketika itu baru datang,” ujar Afif di kantornya, Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (31/1/2019).

Lebih lanjut Afif menambahkan selain kekuatan kotak suara yang menurun akibat kondisi lembab, Bawaslu juga menemukan persoalan di segel kotak suara. Dilaporkan dari sidak, kualitas kotak suara untuk Pemilu 2019 tidak lebih baik dari kotak suara pada Pemilu sebelumnya.

“Kedua terkait segel, nah ini, sementara ini kata temen-temen Jawa Barat, kualitasnya lebih bagus yang dulu. Nah ini akan kita lihat semua nanti,” imbuhnya.

Bawaslu mengingatkan KPU agar mengantisipasi kejadian serupa di tempat-tempat penyimpanan yang lain. Terlebih menurut Afif, saat ini memasuki musim penghujan.

“Yabg harus diantisipasi jangan sampai rusak sebelum dipakai. Jangan sampai penyimpananya itu karena musim-musim seperti ini juga rusak, jadi ya harus diantisipasi oleh KPU,” tuntas dia. (ikbal)