Sunday, 22 September 2019

DKI Siap Sosialisasikan Denda Rp20 Juta untuk Pembuang sampah Sembarangan

Sabtu, 2 Februari 2019 — 20:52 WIB
Pengendara motor diamanakan petugas karena kepergok buang sampah di jalan.

Pengendara motor diamanakan petugas karena kepergok buang sampah di jalan.

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta akan menerapkan denda maksimal hingga Rp20 juta bagi masyarakat yang membuang sampah sembarang. Tindakan tegas dilakukan agar lingkungan bersih. Sebelum penerapan, pemprov akan lakukan sosialisasi melalui RT dan RW.

Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Mudarisin, mengatakan ketentuan tersebut sudah lama ditetapkan dalam perda. “Lebih dari 10 tahun perda sudah mengatur, kini mau kita terapkan,” katanya, Sabtu (2/2/2019).

Ia menyebut ketentuan terdapat pada Pasal 21 Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum. Dalam ketentuan tersebut disebutkan apabila seseorang terbukti membuang sampah sembarangan akan dikenakan sanksi pidana berupa kurungan mulai dari 10 hari hingga 60 hari penjara atau denda minimal Rp100 ribu hingga Rp20 juta.

Mudarisin mengatakan penetapan sanksi pidana berupa kurungan penjara ataupun denda seluruhnya berdasarkan keputusan hakim di Pengadilan Tinggi Negeri. Dalam persidangan tindak pidana ringan (tipiring), hakim akan menimbang pelanggaran yang dilakukan terdakwa, sebaliknya pelanggar juga dapat mengajukan pembelaan.

“Kami akan mencoba kerjasama dengan pihak Satpol PP agar pelanggar dapat dikenakan Perda Nomor 7 Tahun 2008 sehingga bisa ditetapkan denda maksimal,” kata Mudarisin. (john/yp)