Tuesday, 19 February 2019

Mau Uji Adrenalin? Yuk, Gowes Fly’ di Gunung Pinang Serang

Rabu, 6 Februari 2019 — 10:06 WIB
Gowes Fly di Puncak Gunung Pinang

SERANG – Gunung Pinang merupakan salah satu dataran tinggi yang berada di Desa Pejaten, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang.

Tempat yang berada di ketinggian 300 meter di bawah permukaan laut (MDPL) tersebut, kini telah berubah menjadi magnet bagi wisatawan.

Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Serang, yakni sekitar 15 kilometer, membuat banyak orang tertarik datang ke sana. Jika suka tantangan, tempat tersebut menyediakan wahana wisata sepeda gantung (gowes fly) yang diminati wisatawan.

Untuk menguji adrenalin, juga disediakan wahana flying fox dan jembatan tali yang dipasang dari pohon satu ke pohon lainnya.

Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Kramatwatu, Mamak Abror mengatakan wahana gowes fly di kawasan Perhutani Gunung Pinang ini dibangun pada tahun 2018.

Wahana yang dikelola BUMDes Pejaten ini sangat diminati masyarakat karena menyajikan permainan ekstrem untuk memacu adrenalin dengan bersepeda di atas ketinggian.

“Wahana ini juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Pejaten, mengikis angka pengangguran dan dapat menyumbang pendapatan asli desa yang digunakan untuk pembangunan desa ke depan,” ujarnya.

Selain itu wahana gowes fly, para pengunjung juga bisa menikmati pemandangan dengan suasana sejuk, nyaman karena berada di puncak gunung. Bisa juga digunakan sebagai arena jalan santai serta menikmati pemandangan pemukiman warga serta perairan Bojonegara.

“Kita juga akan kembangkan wisata kuliner agar wisatawan bisa berlama-lama sambil menikmati suasana alam pegunungan,” ujar Mamak Abror, Rabu (6/2/2019).

Abror berharap dinas terkait di Pemkab Serang dan Pemprov Banten bisa menjadikan Gunung Pinang, serta lokasi lainnya di Kecamatan Kramatwatu seperti situ Tasikardi, dan Pantai Terate sebagai destinasi wisata unggulan.

“Lokasinya strategis antera Serang dan Cilegon diharapkan dapat diminati masyarakat. Saya berkomitmen, untuk terus meningkatkan perekonomian kerakyatan melalui pariwisata yang dikelola BUMDes,” ujarnya.

Sementara itu, Irfanul Ma’arif, Ketua BUMdes Pejaten mengatakan wahana ini sangat diminati masyarakat karena menyajikan permainan ekstrem untuk memacu adrenalin dengan bersepeda di atas ketinggian. Selain itu para pengunjung bisa menikmati pemandangan dengan suasana sejuk, nyaman karena berada di puncak gunung.

“Wahana sepeda gantung ini satu-satunya di Kabupaten Serang, oleh karenanya kami berharap dukungan dari semua pihak. Alhamdulillah dari wahana gowes yang kami bangun sudah mendapatkan penghargaan dari bupati sebagai Bumdes teladan ke 2 tingkat kabupaten serang & Desa Inovasi Terbaik tingkat kabupaten serang di tahun 2018,” katanya. (haryono/tri)