Tuesday, 20 August 2019

Jalan Tol Sepeda Motor

Sabtu, 9 Februari 2019 — 6:16 WIB

PEMBANGUNAN jalan tol khusus sepeda motor tampaknya bakal terwujud. Informasi yang beredar, jalan tol sepeda motor akan dibangun mulai Maret tahun ini di Bandung, Jawa Barat sepanjang 14 kilometer dari Pasir Koja ke Pasopati.

Jalur khusus kendaraan roda dua juga akan dibangun di kota Medan,Sumatera Utara menyusuri Talud Sungai Deli dari Maimoon sampai ke Binjai sepanjang 11 kilometer. Pembangunan dimulai Juli tahun ini. Rencana pembangunan jalan tol sepeda motor dipaparkan CEO CMPNP, Tito Sulistio dalam pertemuan di DPR, Kamis (7/2/2019) lalu.

Di tengah masih adanya kontroversi, kita sepakat kajian dari segala aspek perlu dilakukan agar jalan tol sepeda motor ini benar – benar bermanfaat bagi masyarakat.

Kita menghargai pendapat yang mendukung perlunya jalan tol sepeda motor seperti yang disampaikan Ketua DPR, Bambang Soesatyo. Tetapi, kita pun patut merespons pendapat yang kurang atau tidak sependapat. Itulah dinamika demokrasi.

Lewat kolom ini (1/2/2019), disampaikan pesan bahwa kajian lebih mendalam perlu dilakukan sebelum pemerintah memutuskan membangun jalan tol. Aspek keselamatan wajib menjadi pertimbangan utama mengingat disiplin berlalu lintas, termasuk pengendara sepeda motor belum seperti diharapkan.

Kami meyakni desain jalan tol sepeda motor tentu akan mengacu kepada jalan tol Suramadu yang sudah dioperasikan sejak 10 Juni 2009 dan Tol Bali yang diresmikan pada tahun 2013. Pada kedua jalan tol tersebut, lajur sepeda motor dipisahkan dengan kendaraan roda empat atau lebih. Ada beton pembatas.

Faktor keamanan dan keselamatan perlu menjadi pertimbangan utama mengingat 70 kecelakaan di jalan raya atau rata – rata sekitar 7.000 kecelakaan melibatkan sepeda motor setiap bulannya.

Di luar aspek keamanan dan keselamatan, ada hal lain yang lebih penting menjadi bahan kajian.

Jika tujuannya untuk memberi keadilan kepada publik, sebagai pembayar pajak yang wajib menikmati hasil pembangunan, jalan tol sepeda motor haruslah berfungsi sosial.

Maknanya warga masyarakat pengguna sepeda motor bebas masuk jalan tol di jalur tanpa dipungut biaya. Setidaknya mendapat subsidi dari pemerintah. Jika tarif sudah diperhitungkan secara bisnis, sama artinya publik harus mengeluarkan dana tambahan untuk melewati sebuah ruas jalan. Publik berharap jalan tol sepeda motor disediakan oleh pemerintah sebagai bentuk memberikan keadilan kepada masyarakat. Pendekatan yang dilakukan bukan semata bisnis, tetapi tanggung jawab negara melindungi semua warganya. ( *).