Thursday, 23 May 2019

Turap yang Longsor di Jagakarsa Akhirnya Diperbaiki

Sabtu, 9 Februari 2019 — 20:17 WIB
Sejumlah petugas sedang memperbaiki turap yang longsor.  (wandi)

Sejumlah petugas sedang memperbaiki turap yang longsor. (wandi)

JAKARTA -Turap yang longsor di Jalan Haji Asmad , Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan, akhirnya diperbaiki. Ini dilakukan karena saluran air di lokasi tersebut tertutup matrial tanah sehingga dikhawatirkan menimbulkan banjir.

Kasatpel SDA Kecamatan Jagakarsa Erna Yuni Nuraini mengatakan, turap tersebut longsor dikarenakan debit air hujan yang sangat deras pada 30 Januari 2019 lalu, hingga menggerus turap PHB Kali Gang Asmat. Menurutnya jika tidak segera diperbaiki di khawatirkan akan menimbulkan genangan dan banjir.

“Sebanyak sepuluh satgas dikerahkan untuk memperbaiki turap yang longsor tersebut. Perbaikan ini karena salurannya tertutup matrial tanah longsoran sehingga jika hujan sebantar saja pasti akan meluap dan menggenangi jalan dan pemukiman warga, ” ujar Erna Yuni Nuraini, Sabtu, (9/2).

Menurutnya, perbaikan ini juga merupakan tindak lanjut dari adanya laporan warga terkait saluran tak berfungsi akibat longsor. Selain melakukan penurapan pihaknya juga mengeruk lumpur di saluran tersebut.

Ini dilakukan dengan tujuan air yang menuju ke muara tidak terhambat akibat tertutup lumpur dan sampah. Turap yang longsor ini memiliki 15 meter dan tinggi 0,26 meter.

“Saat ini untuk menghindari longsoran susulan, kami juga memasak cerucuk dolken sebanyak 75 batang. Kami berharap satu minggu kedepan perbaikan akan selesai,”tuturnya. (wandi/b)