Saturday, 17 August 2019

Ditahan Arema, Pelatih Timnas U-22 Puas

Minggu, 10 Februari 2019 — 21:02 WIB
Pelatih Timnas U-22, Indra Sjafri.

Pelatih Timnas U-22, Indra Sjafri.

JAKARTA – Timnas U-22 gagal memetik kemenangan dalam laga ujicoba perdana di bawah asuhan Indra Sjafri usai bermain 1-1 dengan Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Timnas dipaksa bermain 1-1, Minggu (10/2/2019). Meski demikian Indra Sjafri mengaku puas dengan atmosfer di Kanjuruhan.

Menurut Indra, sejak awal ia memang mencari tekanan yang luar biasa dari auporter tuan rumah demi mengasah mental anak-anak asuhnya di ajang Piala AFF U-22. “Kami sudah mendapatkan apa yang kami cari dalam ujicoba di sini. Kami akan berhadapan dengan tuan rumah. Kemungkinan nanti pressure penonton, aura penonton kurang lebih akan seperti ini (di Piala AFF-22),” kata Indra kepada wartawan usai pertandingan.

Meski demikian, pelatih yang baru saja berlisensi AFC Pro itu menilai masih ada pemain Timnas U-22 yang belum terbiasa dengan tekanan dari tribun penonton. Karena itu, Indra menilai ujicoba melawan Arema FC dengan suporter yang banyak merupakan langkah yang tepat.

“Secara kualitas tim ini hampir sama. Namun masih ada beberapa pemain yang canggung dengan situasi aura penonton. Makanya luar biasa yang kami dapat di sini,” lanjutnya.

Ia juga menambahkan tidak terlalu memikirkan menang atau kalah di pertandingan kali ini. Bagi Indra, tekanan dari suporter Arema adalah sebuah pelajaran yang sangat penting bagi anak-anak asuhnya.

“Bukan masalah menang kalahnya, tapi ini yang kami inginkan. Tekanan-tekanan dari teknis tim Aremanya dan juga suasana-suasana penonton yang bisa membuat pemain banyak belajar,” tegasnya.

Bermain di kandang Arema, Timnas U-22 mengalami kesulitan untuk bisa mengatasi Arema sepanjang babak pertama yang berakhir imbang tanpa gol. Skuat Indra sempat dikejutkan dengan gol Hamka Hamzah di menit ke-69.

Namun gol yang dilesakkan lewat sundulan itu dianulir wasit lantaran yang menilai telah terjadi pelanggaran sebelum bola merobek jala Timnas U-22. Skuad Indra akhirnya bisa membuka keunggulan, lewat gol Hanif Sjahbandi pada menit ke-73.

Sayang, keunggulan itu tidak bertahan lama setelah Arema bisa menyamakan kedudukan di menit ke-86. Adalah Robert ‘Gladiator’ Lima Guimaraes yang sukses mencetak gol untuk menghindari tim berjuluk Singo Edan itu dari kekalahan. Bagi Arema, ujicoba ini juga dimanfaatkan untuk persiapan di ajang Piala Indonesia dan Piala Presiden 2019. (junius/yp)