Saturday, 23 February 2019

Tekuk Leicester 3-1, Tottenham Jaga Asa Juara

Minggu, 10 Februari 2019 — 22:41 WIB
Kyle Walker-Peters memeluk Son Heung-min yang mencetak gol ketiga untuk Spurs saat melawan Leicester.  (reuters)

Kyle Walker-Peters memeluk Son Heung-min yang mencetak gol ketiga untuk Spurs saat melawan Leicester. (reuters)

INGGRIS – Tottenham Hotspur berhasil menjaga asa dalam perburuan gelar Liga Primer Inggris usai menekuk tamunya Leicester City 3-1 di Stadion Wembley, Minggu (10/2/2019) malam WIB. Tambahan tiga angka itu membuat Spurs tetap di urutan empat tim teratas klasemen sementara.

Dengan total 60 poin dari 26 laga, tim besutan Mauricio Pochettino itu masih tertinggal lima angka dari Liverpool. Kemenangan ini juga jadi modal positif bagi klub asal London Utara itu untuk menjamu Borussia Dortmund pada babak 16 besar Liga Champions, Kamis (14/2/2019) dinihari WIB.

Pasalnya, ini menjadi kemenangan kedua bagi Spurs, tanpa kehadiran Harry Kane yang masih terbaring di ruang pemulihan. Sebelumnya, Spurs sukses mengalahkan Watford dengan skor 2-1.

Kali ini, tim berjuluk The Lilywhite itu kembali meraih kemenangan dengan skor 3-1 atas Leicester. Bermain di depan publik sendiri, butuh waktu setengah jam bagi Spurs untuk bisa membuka keunggulan.

Aksi Davinson Sanchez memanfaatkan umpan Christian Eriksen, sukses membuahkan gol untuk membawa Spurs unggul 1-0 pada menit ke-33. Sayang, itu menjadi satu-satunya gol yang tercipta sepanjang babak pertama.

Di babak kedua, Leicester sempat membuka peluang untuk menyamakan kedudukan di menit ke-60. Sayang, ekseskusi penalti yang diemban Jamie Vardy, gagal diselesaikan dengan sempurna.

Spurs yang tidak ingin tinggal diam kembali bisa menambah keunggulan, tiga menit berselang. Kali ini giliran Eriksen yang sukses menjebol gawang Leicester, usai memaksimalkan umpan Fernando Llorente, tiga menit berselang.

Gol itu sekaligus merubah papan skor menjadi 2-0, masih untuk keunggulan tuan rumah. Vardy yang bertekad membayar kegagalan mencetak gol dari titik putih, akhirnya mampu memperkecil ketertinggalan Leicester lewat golnya di menit ke-76. Memanfaatkan umpan Ricardo Pereira, Vardy sukses memecah kebuntuan tim tamu, sekaligus merubah papan skor menjadi 2-1, masih untuk keunggulan tuan rumah.

Namun usaha Leicester untuk menghindari kekalahan, justru membuka peluang Spurs untuk melengkapi kemenangan. Adalah Heung-Min Son yang sukses memanfaatkan umpan Moussa Sissoko menjadi gol di masa injury time.

Skor 3-1 pun vertahan hingga bubaran. Hasil ini tetap menempatkan Leicester di papan tengah dengan total 32 poin. Skuad Calude Puel itu, kini hanya unggul delapan angka dari batas akhir zona degaradasi, hunian Sothampton. (junius/yp)

Susunan Pemain
Tottenham Hotspur
: Hugo Lloris; Jan Vertonghen, Davinson Sanchez, Danny Rose, Kieran Tripper, Christian Eriksen, Oliver Skipp, Harry Winks, Fernando Llorente, Son Heung-min, Moussa Sissoko.

Leicester City: Kasper Schmeichel; Jonny Evans, Harry Maguire, Ben Chilwell, Ricardo Pereira, James Maddison, Youri Tielemans, Nampalys Mendy, Demarai Gray, Harvey Barnes, Rachid Ghezzal.