Sunday, 21 July 2019

Anggota Fraksi PAN Tersangka Korupsi, Ketua DPR Prihatin

Senin, 11 Februari 2019 — 16:40 WIB
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.(rizal)

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.(rizal)

JAKARTA – Anggota DPR kembali tersangkut kasus korupsi membuat Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengaku prihatin. Sebab, anggota DPR dari Fraksi PAN Sukiman ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dengan ditetapkannya Sukiman sebagai tersangka, total ada 235 anggota dewan dari tingkat pusat hingga DPRD Kabupaten atau Kota yang telah menjadi tersangka.

“Ya tentu kita malah prihatin dan menyesali masih saja terjadi hal-hal seperti itu. sebaiknya kedepan anggota DPR lebih berhati-hati lagi agar tidak melakukan hal yang tidak terpuji,” katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, (11/2/2019).

Bamsoet mengatakan peristiwa yang menjerat Sukiman bukan lah hal baru. Sukiman menjadi tersangka bukan dari hasil operasi tangkap tangan, melainkan hasil dari pengembangan kasus lainnya.

“Pengembangan kasus yang sebelumnya di OTT dari kasusnya anggota DPRD, setahu saya itu bukan peristiwa OTT baru,” katanya.

KPK sebelumnya menetapkan Sukiman sebagai tersangka dengan dugaan penerimaan suap untuk memuluskan pengurusan dana perimbangan yang diajukan Pemerintah Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat melalui Dinas PU.

Dia diduga menerima duit dari Natan Pasomba sebagai Pelaksana Tugas dan Pejabat Kepala Dinas PU Kabupaten Pegunungan Arfak yang juga dijerat sebagai tersangka.

Perkara ini merupakan pengembangan yang dilakukan KPK terhadap perkara sebelumnya melalui operasi tangkap tangan (OTT) pada 4 Mei 2018 silam dengan 4 orang tersangka. (rizal/b)