Saturday, 24 August 2019

Anies Akan Serahkan Langsung Nama Dua Kandidat Cawagub ke DPRD

Senin, 11 Februari 2019 — 11:02 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan. (yendhi)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan. (yendhi)

JAKARTA  –  Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, siap menerima dua nama kandidat calon pengisi kursi wakil gubernur DKI Jakarta yang direkomendasikan oleh partai pengusung, Gerindra dan PKS.

Ada tiga nama yang sebelumnya diajukan oleh Partai PKS sebagai kandidat cawagub DKI Pengganti Sandiaga Uno, yakni Abdurahman Suhaimi, Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto.

Setelah melalui tahap fit and proper test, telah ditentukan dua nama yang akan diserahkam ke Anies Baswedan sebelum diajukan ke sidang Paripurna DPRD DKI. Namun, dua nama tersebut belum dibeberkan oleh PKS.

Rencananya, dua nama tersebut akan diserahkan oleh PKS kepasa Anies hari ini, Senin (11/2/2019). Setelah itu baru akan dibeberkan nama yang telah disepakati.

“Kami menyambut baik bahwa prosesnya sudah berjalan dan kalau dari informasi yang beredar sudah mendekati final, dan saya siap untuk menyambut begitu ada nama diserahkan kepada Gubernur,” kata Anies di kawasan Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat.

Menurut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini, dirinya belum menerima dua nama hasil fit and proper test dari Partai PKS. Dia tidak mengetahui pasti, kapan dua nama tersebut akan diserahkan. Jika dua nama telah disetor, Anies tidak akan menunda dan akan langsung diajukan ke DPRD DKI.

“Kalau Senin pagi ini saya belum terima, tapi kalau Senin sore saya belum tahu. Begitu ada (nama Kandidat) kami akan langsung proses diteruskan ke DPRD,” tandas Anies.

Eko Prasodjo, salah satu tim panelis fit and proper test, sebelumnya mengaku telah selesai melaksanakan uji kepatutan dan kelayakan terhadap tiga kandidat cawagub.

Dua nama tersebut telah direkomendasikan kepada PKS dan Gerindra pada, Jumat (8/2/2019). Hasilnya, telah ada dua dipilih namun dia enggan membeberkan karena wewenang PKS dan Gerindra sebagai partai pengusung. (yendhi/mb)