Wednesday, 17 July 2019

Denpasar Peringkat 4 Kota Layak Huni di Indonesia

Senin, 11 Februari 2019 — 15:04 WIB
Kehidupan masyarakat di Denpasar, Bali.

Kehidupan masyarakat di Denpasar, Bali.

BALI – Beragam prestasi diraih Kota Denpasar di awal tahun 2019 ini.  Setelah terpilih menjadi Kota Sehat Dunia dan Kota Besar Cerdas se-Indonesia, kini Denpasar meraih peringkat 4 sebagai Kota Layak Huni di Indonesia yang dikeluarkan Kementrain Agraria dan Tata Ruang.

Ini menjadikan Denpasar sebagai satu-satunya kota yang paling layak di huni di wilayah Provinsi Bali.

Ikatan Ahli Perencana (IAP) Indonesia bersama Kementrian Agraria dan Tata Ruang, merilis hasil survei independen. Survei dilakukan di 26 kota dan 19 provinsi di tanah air.

Hasilnya, 66,9 persen responden menilai Solo adalah kota paling layak huni di Indonesia. Disusul Palembang, Balikpapan dan Denpasar.

“Pembangunan keberlanjutan dilaksanakan maksimal guna memberikan manfaat bagi masyarakat,” ujar Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, Senin (11/2/2019).

TELAH TERINTEGRASI

Rai Mantra mencontohkan bidang pendidikan dan kesehatan, pelayanan di Denpasar semuanya telah terintegrasi hingga desa.

Wali Kota Denpasar berharap capaian ini jadi bekal positif dalam pembangunan kota berkelanjutan. “Adanya indeks Kota Layak Huni ini menjadikan Denpasar destinasi wisata yang layak dikunjungi,” ujarnya.

Ia menambahkan, kenyamanan ini dipengaruhi kebersihan kota serta komitmen Denpasar dalam pengurangan sampah plastik melalui Perwali Nomor 36 tahun 2018. (tiyo/mb)