Saturday, 23 February 2019

Ditahan Imbang Bilbao 0-0 Barcelona Kian Ditekan Real Madrid

Senin, 11 Februari 2019 — 5:10 WIB
Messi beberapa kali dijatuhkan pemain Bilbao (reuters)

Messi beberapa kali dijatuhkan pemain Bilbao (reuters)

SPANYOL– Barcelona hanya mampu bermain imbang 0-0 saat bertandang ke markas Atletico Bilbao di San Mames dalam lanjutan Liga Spanyol, Senin (11/2/2019) dinihari WIB.

Hasil ini tentu kerugian besar bagi Barcelona karena kehilangan dua angka. Kini Barca hanya berselisih enam poin dari Real Madrid yang ada di bawahnya. Hingga laga ke-23 El Barca mengemas 51 poin sedangkan El Real 46 poin. Jarak ini tentu kian dekat padahal sebelumnya 10 poin.

Sedangkan bagi Bilbao hasil ini juga kurang menguntungkan karena sebagai tuan rumah mereka sebetulnya memiliki peluang mencetak gol terutama pada babak kedua. Kini Bilbao berada di peringkat ke-13 dengan nilai 23.

Sebetulnya Stadion San Mames tidak tempat yang angker buat Barca, karena selalu menang dalam empat kunjungan terakhirnya. Hanya saja kali ini Bilbao efektif saat bertahan.

Mereka melakukan tekanan bahkan harus dengan bermain keras untuk menghentikan laju Messi dan kawan-kawan. Bahkan di menit-menit akhir laga, Bilbao bermain 10 orang karena De Marcos diusir wasit lantaran menghentikan bola dengan tangannya.

Sebetulnya Barca memiliki peluang ketika laga akan berakhir karena Semedo diganjal di kotak penalti. Namun wasit yang kali ini lebih condong ke Bilbao tidak memberikan hadiah penalti justru menyelesaikan laga sehingga kedudukan 0-0.

Seperti biasa Barcelona jauh menguasai laga, meski hanya tim tamu. Catatan yang ada Blaugrana menguasai bola hingga 67 persen. Namun karena Bilbao menumpuk pemainnya di depan gawang segala usaha Barca jadi sia-sia.

Tidak itu saja, kali ini Messi juga bermain di bawah perfomarnya. Sepertinya dia kurang bugar ini tampak dari umpan-umpannya yang tidak seakurat seperti biasanya.

Bilbao sebetulnya hanya mengandalkan serangan balik, namun sering sangat berbahaya. Seperti pada menit ke-82, Williams nyaris membobol gawang Barca usai menerima umpan panjang dari Muniain, beruntung ter Stegen mampu menepis bola tersebut.

Barcelona sebetulnya sangat berharap mendapat nilai penuh di San Mames. Untuk itu Valverde menurunkan pemain terbaiknya sejak menit awal. Seperti Messi yang awalnya diperikirakan akan dibangku-cadangkan ternyata tidak.

Ini tentu dilakukan pelatih berusia 54 tahun itu karena Real Madrid mulai menekan posisi mereka setelah dengan gemilang Sergio Ramos mampu mengalahkan Atletico Madrid 3-1 Sabtu malam lalu.

Berharap bisa menjaga jarak, nyatanya Barcelona hanya mampu bermain imbang dan kehilangan dua poi sehingga jarak dua klub yang jadi musuh bebuyutan ini kian dekat. (b)