Wednesday, 24 April 2019

Hujan Sebentar, Jalan DI Panjaitan Jakarta Timur Tergenang

Senin, 11 Februari 2019 — 20:28 WIB
genngan di panjaitan3

JAKARTA – Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Jakarta, Senin (11/2/2019) petang, membuat Jalan DI Panjaitan, Jatinegara, Jakarta Timur tergenang hingga setinggi 40 sentimeter. Genang diduga akibat proyek pembangunan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) yang menghambat saluran.

Derasnya hujan yang mengguyur, membuat air dengan cepat menggenangi tiga lajur yang ada. Akibatnya, kemacetan terjadi di sepanjang jalan karena semua kendaraan mencoba menghindari genangan. Sementara petugas dari kelurahan terlihat sibuk menghilangkan genangan menutup sebagian besar jalan.

genangan di panjaitan2

Satrio, 39, pengendara mengaku genangan di jalan DI Panjaitan terjadi setiap hujan. “Masa kalau setiap hujan genangan selalu mengganggu perjalanan, harusnya kan bisa diatasi,” katanya, Senin (11/2).

Dikatakan Satrio, kali ini genangan yang terjadi hampir menenggelamkan roda sepeda motornya. Khawatir malah menjadi mogok, ia memilih menepi sambil menunggu air surut. “Kami berharap agar pemerintah bisa menangani banjir yang selama ini terjadi di Jalan DI Panjaitan. Masa harus seperti ini terus,” ujarnya.

Lurah Cipinang Cempedak, Ika Rahayu mengatakan, genangan yang terjadi akibat adanya proyek pembangunan tol Becakayu. Pasalnya, pembangunan masih berlangsung di sepanjang jalan DI Panjaitan. “Dari pembangunan itu, saluran air yang ada saat ini jadi tak berfungsi dengan baik,” katanya.

genangan di panjaitan1

Untuk mengatasi hal itu, sambung Ika, pihaknya menerjunkan petugas PPSU kelurahannya. Di mana petugas diminta untuk membuka jalan agar air bisa mengalir dengan baik. “Alhamdulillah setelah berjuang hampir satu jam, air terus surut dan genangan mulai menghilang,” ungkapnya. (Ifand/M4/b)