Saturday, 20 April 2019

Kaum Ibu di Kebayoran Lama Dilatih Jadi Pawang Api

Senin, 11 Februari 2019 — 16:58 WIB
Emak-emak warga Kebayoran Lama Utara mendapat pemahaman tatacara memadamkan api. (wandi)

Emak-emak warga Kebayoran Lama Utara mendapat pemahaman tatacara memadamkan api. (wandi)

JAKARTA – Puluhan ibu-ibu warga RT 07/ RW 06 Kebayoran Lama Utara, mendapat sosialisasi penanggulangan kebakaran dan pawang api. Kegiatan ini berlangsung Lapangan Pingpong Kp Duku RT 07/06, Jalan KH Syafi’i Hadzami, Kebayoran Lama Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan dengan tujuan apabila terjadi kebakaran emak-emak ini dapat mengatasi sebelum membesar.

“Waduh serem sih. Tapi kalau nggak dicoba kan malah lebih berbahaya, apinya lebih bisa lebih besar,” kata Sri, peserta sosialiasi.

Ketua RT 07/RW 06, Sandung Saptono, mengatakan sosialisasi ini merupakan permintaan warga yang resah karena sering terjadi kebakaran yang disebabkan adanya kebocoran pada selang kompor gas. Sosialisasi ini digelar dengan pesarta umumnya kaum ibu karena biasanya mereka yang mengetahui awal terjadinya kebakaran.

“Sosialisasi ini sangat perlu dilakukan terutama kawasan padat penduduk. Agar ke depan, warga lebih paham cara memadamkan api yang benar dari kebocoran selang gas maupun arus pendek listrik,” tutur Sandung Saptono, Senin (11/2).

Sementara Kasektor I Kecamatan Kebayoran Lama Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan, Usman Niman, mengapresiasi inisiatif warga tersebut. Menurutnya, memang saat ini pihak Sudin PKP Jakarta Selatan terus berupaya melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran di wilatah.

“Kami sangat senang dan mendukung permintaan warga melakukan sosialisasi. Dalam sosialisasi ini para peserta diberikan contohkan cara yang benar memadamkan api dengan karung basah, serta Apar secara langsung kepada warga RT 07. Diharapkan ke depan bahaya kebakaran dapat diminimalisir di kawasan ini,” terang Usman Nirman. (wandi/yp)