Saturday, 23 February 2019

Kembali ‘Kudeta’ Liverpool, City Siap Lanjutkan Asa di Piala FA

Senin, 11 Februari 2019 — 17:14 WIB
Pemain Manchester City merayakan kemenangannya. (reuters)

Pemain Manchester City merayakan kemenangannya. (reuters)

INGGRIS – Manchester City kembali fokus untuk melanjutkan asa pada babak 16 besar Piala FA dengan menghadapi tuan rumah Newport County, Minggu (17/2/2019) dinihari WIB. Asa anak-anak asuh Pep Guardiola itu semakin berlipat usai membantai Chelsea 6-0 dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Etihad, Senin (11/2/2019) dinihari WIB.

Bagi Guardiola, kemenangan ini kian menambah rasa percaya diri Sergio Aguero dan kolega untuk menghadapi Chelsea pada partai final Piala Liga atau Carabao Cup pada 24 Februari 2019 mendatang.

“Sekarang, partai final Carabao Cup akan menjadi sangat berat bagi mereka (Chelsea) dan kita harus mewaspadai reaksi yang akan mereka perlihatkan setelah kekalahan ini,” kata Guardiola, seperti dikutip BBC Sport, usai pertandingan.

“Tapi sekarang kami harus fokus di dua kompetisi (Piala FA) dan Liga Champions) sebelum menghadapi mereka di final Carabao Cup. Kami harus fokus pada satu pertandingan ke pertandingan lainnya. Kami harus bisa menjaga setiap peluang di semua jompetisi, termasuk di Piala FA (melawan Newport County) minggu ini,” lanjut pelatih berkepala plontos tersebut yang juga memuji performa Aguero yang kembali menunjukkan ketajamannya di lini depan.

Setelah semoat mencetak satu gol saat menang 3-1 atas Arsenal pada 3 Februari lalu, bomber asal Argentina itu kembali memborong tiga gol ke gawang Chelsea pada menit 13, 19, dan penalti, 56.

“Saya sudah katakan, Aguero bisa mencetak banyak gol di setiap musim. Saya mengagumi pemain yang konsisten. Tetapi tidak tergantikan seperti Aguero, adalah hal yang fantastic,” puji mantan pelatih Barcelona tersebut.

Sementara tiga gol kemenangan City lainnya, masing-masing dilesakkan Raheem Sterling (4″ dan 80″), serta Ilkay Guendogan (25″). Dengan kemenangan ini, tim berjuluk Citizens itu juga berhasil mengkudeta Liverpool untuk menduduki singgasana klasemen sementara.

Dengan total 65 poin dari 27 laga, The Citizens unggul produktivitas gol dari Liverpool yang lengser ke posisi kedua. Liverpool sendiri sejauh ini baru melakoni 26 laga.

Sedangkan bagi Chelsea, hasil ini membuat mereka terlempar dari zona empat tim teratas klasemen sementara. Anak-anak asuh Maurizio Sarri itu lengser ke tangga keenam dengan total 50 poin dari 26 laga. Klub dari London Barat itu kalah produktivitas gol dari batas akhir zona Eropa, hunian Arsenal.

Hasil ini pun kembali memunculkan isu terkait pemecatan Sarri dari bangku pelatih di Stamford Bridge. Apalagi jika ia tidak bisa mengalahkan City pada final Carabao Cup pada 24 Februari mendatang. (junius/yp)