Saturday, 23 February 2019

Tarif Tol Bandara Soekarno Hatta Naik

Selasa, 12 Februari 2019 — 1:25 WIB
Tol Bandara-n

 

TANGERANG  – Mulai 14 Februari, Jasa Marga akan menaikkan tarif Tol Sedyatmo atau tol Bandara Soekarno-Hatta.”Berlaku mulai Kami,  14 Februari 2019,  pukul  00:00,” kata Direktur Operasi II Jasa Marga, Subakti Syukur, dalam keterangan pers, Senin (11/2).

Ia mengaku kebijakan  ini sejalan dengan UU  38 Tahun 2004 tentang Jalan di mana penyesuaian tarif dilakukan  setiap dua  tahun sekali sesuai dengan laju inflasi.

Penyesuaian tarif juga sejalan dengan peningkatan Standar Pelayanan Minimum (SPM). Untuk mengajukan penyesuaian tarif memang harus memenuhi SPM ini.

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Koentjahjo Pamboedi menambahkan, penyesuaian tarif ini sejalan dengan rasionalisasi golongan.

Inflasi tarif harus disesuaikan setiap dua  tahun sekali. Pada saat ini juga ada rasionalisasi golongan. Jadi bertepatan penyesuaian tarif dilakukan juga golongan kendaraan dari 5 menjadi 3.

Tarif  Golongan I dari Rp 7.000 menjadi Rp 7.500.  Kemudian golongan II dari Rp 8.500 menjadi Rp 10.000.

Sedangkan Golongan III tetap Rp 10.000. Bahkan untuk Golongan IV turun dari Rp 12.500 menjadi Rp 11.000. Golongan V dari Rp 15.000 menjadi Rp11.000.

 

UJUG-UJUG

Bambang Haryo Soekartono, anggota DPR, mempertanyakan  kenapa jug-ujug tol Bandara Soekarno-Hatta dinaikkan.

“Tidak benar jika tiba-tiba harga jalan tol naik. Semestinya harus ada tegang waktu satu bulan untuk sosialisasi kepada masyarakat. Itu pun setelah masa sosialisasi harus dievaluasi kembali,”  tegasnya.

Ia  menegaskan, mestinya  pemerintah berhitung  seputar   daya beli masyarakat dengan naiknya tarif tol. “Stakeholder  jalan tol harus dilibatkan dalam pembahasan naiknya harga jalan tol. Seperti penguna jalan tol, organda, Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR,” ucapnya.

Bambang membandingkan tarif tol di dunia yang kian   lama i makin murah.  “Tol Bandara itu sudah cukup lama dibangun, semestinya bukannya naik, tapi tarifnya harus diturunkan,” tegasnya.

 

PRIHATIN

Sementara itu, Refrizal, anggota DPR  Fraksi PKS,  prihatin dengan naiknya tarif  tol Bandara Soetta.”Mengapa sekarang semuanya harga naik? Mulai harga tiket pesawat dan bagasi juga naik. Akibatnya rakyat yang menjadi korban,” katanya.

Refrizal mengingatkan pemerintah agar tidak manaikan tarif  tol, minimal setelah  Pilpres. “Kalau mau naik, sebaiknya setelah Pilpres. Mengapa sekarang dinaikkan,” katanya. (rizal/st)