Wednesday, 24 April 2019

Untuk Pembangunan Lingkungan

Camat dan Lurah di Depok Wajib Mencatat dan Mendengarkan Permintaan Masyarakat

Selasa, 12 Februari 2019 — 17:55 WIB
Walikota Depok Muhammad Idris saat membuka kegiatan Musrenbang kecamatan.  (anton)

Walikota Depok Muhammad Idris saat membuka kegiatan Musrenbang kecamatan. (anton)

DEPOK –  Seluruh lurah dan camat di Kota Depok diingatkan untuk mendengarkan keluhan, usulan,  permintaan dan saran dari warganya berkitan program kerja pembangunan dilingkungannya.

“Dengarkan,  catat dan rencanakan dengan matang usulan maupun permintaan masyarakat kaitan penataan wilayah untuk diajukan dalam musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang)  tahun 2019,” kata Walikota Depok Muhammad Idris berkaitan pembukaan musrenbang ditingkat kecamatan,  Selasa (12/2/2019).

Momen pertemuan dengan warga kaitan Musrenbang tentunya salah satu bentuk nyata partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan berkelanjutan.

Pemerintah telah mengatur secara proporsional, bagaimana arah pembangunan berjalan tetapi memang harus melihat lagi apa usulan dan kebutuhan masyarakat.

Kegiatan Musrenbang di tingkat kecamatan tentunya menjadi wadah verifikasi setiap usulan masyarakat di kelurahan. Untuk itu, usulan yang menjadi urgensi harus diprioritaskan.

“Tidak ada masalah kalau pembangunan itu masih seputar infrastruktur, kalau itu yang menjadi kebutuhan. Misalnya dibangunnya beberapa fasilitas kesehatan, Puskesmas dan taman-taman kelurahan yang sebelumnya telah dibangun di beberapa wilayah Tapos,  Cipayung,  Pancoran Mas,  Bojongsari, Cimanggis dan lainnya, ” katanya.

Dari semua aspek usulan Musrenbang tentunya yang tidak kalah penting adalah peningkatan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga diharapkan dapat berjalan seiringan dengan pembangunan fisik yang dibutuhkan masyarakat.  (anton/tri)