Sunday, 21 April 2019

Menjamu Porto, AS Roma Target Clean Sheet

Selasa, 12 Februari 2019 — 14:54 WIB
asroma

ITALIA – Penampilan tak konsisten AS Roma bisa jadi dimanfaatkan Porto saat kedua tim ini bentrok pada leg pertama babak 16-besar Liga Champions 2018-2019, di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Rabu (13/2/2019) dini hari WIB.

AS Roma belakangan tampil kurang maksimal pada kompetisi domestik, baik Serie A maupun Coppa Italia. Pasukan Eusebio Di Fransesco itu hanya dua kali menang dalam lima pertandingan terakhir. Bahkan, terdepak dari ajang Coppa Italia usai dibantai Fiorentina 7-1 pada babak perempatfinal, Kamis (31/1/2019).

Kemenangan AS Roma hanya diperoleh saat menjamu Torino, 3-2, Sabtu (19/1/2019), dan menyambangi Chievo, 3-0, Sabtu pekan kemarin. Sisanya berakhir seri 1-1 atas AC Milan (4/2/2019) dan diimbangi Atalanta 3-3 (27/1/2019).

Namun, tak jauh berbeda dengan AS Roma, Porto pun hanya mendapat dua kemenangan dalam lima laga terakhir mereka. Tiga laga lainnya berakhir seri.

Tak ayal, AS Roma berharap laga melawan Porto dapat menjadi titik balik mereka ke jalur kemenangan sekaligus menjaga kans mereka di Liga Champions. Namun, penggawa AS Roma tetap akan mewaspadai penampilan klub asal Portugal tersebut.

“Porto bukan tim top Eropa, tapi mereka masih tim yang hebat. Mereka mengandalkan fisik, mereka memainkan sepakbola yang bagus, banyak berlari, dan tahu yang mereka inginkan,” kata gelandang Roma, Lorenzo Pellegrini, kepada Tele Radio Stereo seperti dikutip Football Italia.

Diakuinya, menjamu Porto bukanlah hal mudah. “Ini akan jadi pertandingan yang sangat sulit, tapi kami ingin lolos. Setelah tahun lalu, kami tahu betapa berartinya lolos, plus itu bisa mengubah musim kami, terlepas dari kesulitan yang sudah kami hadapi sejauh ini,” imbuhnya.

Sementara itu, pelatih AS Roma Eusebio Di Fransesco berharap timnya tidak kebobolan dalam laga nanti. Mengingat, pada leg pertama ini, Giallorossi tampil sebagai tuan rumah sehingga perlu menjaga clean sheet.

“Selama 180 menit, penting untuk tampil solid, khususnya karena kami memainkan leg pertama di kandang lebih dulu,” kata Di Francesco dalam konferensi pers seperti dikutip situs resmi klub.

“Pertahanan yang bagus itu penting kalau ingin membangun serangan yang bagus. Penting untuk clean sheet besok, tapi itu bukan berarti kami boleh kehilangan identitas sebagai tim. Kami harus bertahan dengan baik, sebagai tim,” tambahnya.

Secara head to head Porto memiliki rekor cukup baik selama bertandang ke markas Roma. Kedua tim sudah dua kali bertemu di ajang Liga Champions 2016, hasilnya Porto meraih satu kemenangan di Stadion Olimpico dengan skor 3-0, dan seri 1-1 di kandang sendiri.

Hasil itulah yang membuat Porto percaya diri dapat melawati laga nanti dengan hasil positif. Pada pertandingan lainnya, Manchester United akan menjami Paris Saint-Germain di Old Trafford. Kedua pertandingan ini akan berlangsung pukul 03:00 WIB. (ys)

(BacaMU v PSG, Ujian Solskjaer di Panggung Eropa)

Perkiraan line-up:

AS Roma: Mirante; Karsdorp, Marcano, Jesus, Kolarov; Zaniolo, N’zonzi, Cristante; El Shaarawy, Dzeko, Kluivert.

Porto: Casillas; Militao, Felipe, Pepe, Telles; Pereira, Torres, Herrera; Otavio, Soares, Brahimi.