Tuesday, 19 February 2019

Dibebaskan dari Penjara Thailand

Pesepakbola Hakkem al-Araibi Akhirnya Pulang ke Australia

Selasa, 12 Februari 2019 — 12:05 WIB
Pesepakbola asal Bahrain, Hakeem al-Araibi ditangkap saat berbulan madu di Bangkok. Ia dituding melakukan perusakan terhadap kantor polisi. (reuters)

Pesepakbola asal Bahrain, Hakeem al-Araibi ditangkap saat berbulan madu di Bangkok. Ia dituding melakukan perusakan terhadap kantor polisi. (reuters)

AUSTRALIA – Pemain sepak bola Hakeem al-Araibi, telah kembali ke Australia setelah sebelumnya mendekam di penjara Thailand.

Pesepak bola asal Bahrain tersebut sempat mendekam ditahan selama lebih dari dua bulan di penjara Bangkok, setelah ia ditangkap atas pemberitahuan Interpol yang dikeluarkan oleh Bahrain.

Ratusan pendukung menyambut kedatangan pesepak bola berusia 25 tahun itu di Bandara Melbourne, Selasa (12/2/2019).

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Australia. Sungguh menakjubkan melihat semua orang di sini dan semua orang Australia yang mendukung saya,” katanya kepada orang banyak yang berkumpul di luar bandara seperti dilansir BBC.com.

Pemain sepak bola berusia 25 tahun tersebut melarikan diri ke Australia pada tahun 2014, dan mendapatkan suaka di sana pada tahun 2017.

Beberapa jam sebelum kedatangannya ke rumah, istri Hakeem mengatakan kepada BBC bahwa dia sangat berterima kasih atas upaya lobi pemerintah dan publik Australia, serta komunitas sepak bola internasional.

Hakeem ditahan pihak berwajib Thailand saat menjalani bulan madu bersama istri di Bangkok pada akhir November tahun lalu. Ia dituduh merusak kantor polisi, namun Hakeem membantah hal tersebut dan mengatakan dirinya sedang ada pertandingan saat kejadian.

Hakeem melarikan diri dari Bahrain saat bermain untuk tim nasional Qatar pada tahun 2013, sebelum masuk ke Australia melalui Iran, Malaysia dan Thailand, dan mencari perlindungan hukum pada 2014. (mb)