Tuesday, 20 August 2019

Tahun Ini Pemprov DKI Bangun Empat Fly Over

Selasa, 12 Februari 2019 — 23:52 WIB
flyover-Kebayoran-dihias-(M5-M8)

JAKARTA – Mengurangi kemacetan di ibukota, Pemprov DKI Jakarta tahun ini segera membangun empat flyover (FO). Selain itu, jalan-jalan rusak juga akan diperbaiki.

Duit senilai Rp776 miliar bersumber Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2019 siap digelontorkan. Rinciannya Rp400 miliar untuk perbaikan jalan rusak dan Rp376,4 miliar bakal pembangunan empat FO.

“Proyek-proyek itu saat ini masih dalam tahap lelang,” tegas Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho, Selasa (12/2).

Hari menjelaskan, FO yang akan dibangun yakni di Tanjung Barat dengan anggaran Rp103,2 miliar, Cakung Rp90,9 miliar, Sunter Permai Rp87,3 miliar, dan Lenteng Agung Rp95 miliar.

Sedangkan untuk perbaikan jalan, Hari menegaskan, akan dilakukan setelah musim hujan. Sehingga perbaikan dengan menggunakan hotmix dapat maksimal.

Hari mengaku sudah mengerahkan seluruh tim satuan petugas dan kepala satuan pelaksana di seluruh kelurahan untuk melaporkan kondisi jalan.

LAMA BERANTAKAN

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi mendesak, Gubernur Anies Baswedan menggeber dua proyek tersebut. “Agar wajah ibukota yang bertahun-tahun berantakan akibat berbagai proyek pembangunan bisa lebih baik,” ucapnya.

Prasetio menegaskan, kemacetan dan berantkannya wajah Jakarta merigikan warga, terutama pengendara. “Jakarta sudah terlalu lama berantakan,” kritik politisi PDI Perjuangan ini.

Ketua Forum Warga Peduli Jakarta, Laode Jumaidin mengatakan hal sama. “Jalan rusak hampir terjadi di seluruh wilayah ibukota. Perbaiki secepatnya jalan rusak itu,” desaknya. (john/b)