Wednesday, 24 April 2019

Anies Siapkan Surat Usulan Cawagub ke DPRD DKI

Rabu, 13 Februari 2019 — 23:50 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengaku hingga saat ini belum menerima usulan nama calon wakil gubernur (cawagub) dari PKS dan Gerindra. Kendati demikian, dirinya sudah menyiapkan surat usulan cawagub untuk diserahkan ke DPRD DKI.

“Saya belum terima juga. Tetapi kita sudah siap. Bahkan surat untuk mengantarkan ke DPRD juga sudah siap. Begitu suratnya (usulan dua nama cawagub) datang, saya langsung antarkan ke dewan,” kata Anies di Balaikota, Rabu (13/2/2019).

Surat pengantar tersebut, lanjutnya, masih dikosongkan dibagian nama-nama cawagub yang akan diusulkan ke DPRD DKI. “Jadi, templatesuratnya sudah jadi. Tinggal diisi namanya, lalu tinggal di teruskan ke DPRD,” ujar Anies.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, PKS dan Gerindra mengatakan kemungkinan akan mengantarkan surat keputusan penetapan dua nama cawagub pada hari Kamis (14/2). “Kemarin kita komunikasi, mereka menyampaikan mungkin akan mengantarkan keputusan Rabu atau Kamis. Kita tunggu saja,” ungkap Anies.

PROSES PEMBAHASAN

Ketua Umum DPW PKS DKI Jakarta, Sakhir Purnomo, mengatakan, penetapan akhir dua nama calon wakil gubernur (cawagub) masih dalam proses pembahasan bersama pimpinan DPD Gerindra DKI. Kedua pimpinan Gerindra dan PKS DKI sudah menerima hasil uji kepatutan dan kelayakan dari keempat panelis.

“Saat ini, keputusan dua dari tiga nama terbaik Kader PKS untuk menjadi Cawagub DKI masih dibahas bersama Partai Gerindra. Yang jelas, rekomendasi dan masukan dari panelis saat Fit and Proper Test, FGD, dan pendalaman pada Jumat malam kemarin, menjadi pertimbangan penting kami untuk dibahas bersama Gerindra,” kata Sakhir.

Dua nama yang direkomendasikan oleh tim panelis yang masih dalam pembahasan PKS dan Gerindra DKI ini dinilai layak untuk diajukan oleh Gubernur DKI ke dalam rapat di DPRD DKI. Meskipun demikian, Sakhir menegaskan keputusan dua nama tersebut belum final karena masih dalam pembahasan bersama Partai Gerindra.

“Kita menghormati aspirasi, masukan, dan pertimbangan dari Gerindra terkait nama yang akan diputuskan. Karena Gerindra adalah mitra koalisi strategis, baik di level nasional maupun di Jakarta. Karenanya, pertimbangannya sangat perlu untuk di dengar,” tegas Sakhir.(guruh/st