Saturday, 16 February 2019

Bangkitkan Wisata NTB, Hary Tanoe: Pembenahan Infrastruktur Harus Cepat Dilakukan

Rabu, 13 Februari 2019 — 10:12 WIB
Ketua Umum Perindo, Hary Tanoesoedibjo. (ist)

Ketua Umum Perindo, Hary Tanoesoedibjo. (ist)

MATARAM – Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) diyakini bisa bangkit dan menjadi yang terdepan dengan dukungan ekosistem yang baik. Pembenahan infrastruktur mutlak diperlukan guna membantu pemulihannya.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Hary Tanoesoedibjo, dalam kunjungannya ke Mataram, NTB, pascagempa, belum lama ini.

Hary mengaku takjub dengan keindahan alam di NTB. Lokasi wisata yang ia kunjungi salah satunya kawasan Mandalika.

“Saya pernah ke Mandalika, indah sekali. NTB sangat cocok untuk pariwisata, harus kita kembangkan, kita bangun ekosistemnya,” ungkapnya.

Menurutnya, pembenahan infrastruktur harus cepat dilakukan sebagai langkah awal membangkitkan pariwisata NTB.

“Penanganan pasca gempa harus baik, supaya memberikan persepsi yang positif bagi turis bahwa di sini cepat tanggap, aman,” tutur pria yang telah memberikan kuliah umum di 200 lebih perguruan tinggi itu.

NTB, paparnya, tak hanya membutuhkan pembangunan infrastruktur jalan dan bandara, melainkan juga berbagai sarana dan prasarana penunjang, mulai dari penginapan, spot kuliner, hingga promosi.

“Itu satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Bukan hanya masalah infrastruktur, dengan segala ekosistemnya, termasuk harus ada promosinya,” ucapnya.

Saat ini, kata dia, wisatawan asing yang datang ke Indonesia terkonsentrasi di tiga titik saja, yaitu sebanyak 40% ke Bali, 30% ke Jakarta, 15% ke Batam dan sisanya tersebar di seluruh Indonesia, termasuk NTB. Dengan ekosistem yang memadai, ia yakin pariwisata NTB bisa menarik setidaknya 15% wisatawan asing yang datang ke Tanah Air.

“Saya yakin NTB bisa mendapat 15% dari turis asing yang datang ke Indonesia. Sekarang ini, turis asing di Indonesia 40% ke Bali, 30% ke Jakarta, 15% ke Batam,” tutur pria asal Surabaya, Jawa Timur itu.

Pria yang juga Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia dan Ketua Umum Pengurus Besar Olahraga Biliar Seluruh Indonesia itu lantas berpesan kepada seluruh kader dan caleg untuk bekerja keras dan militan memenangi Partai Perindo pada Pemilu 2019 mendatang. Dengan begitu, partai berlambang rajawali ini bisa membuat kebijakan tepat sasaran dan mempercepat kemajuan pariwisata NTB.

“Partai Perindo harus menang di sini, harus punya anggota dewan yang cukup di provinsi, di kabupaten dan kota, sehingga bisa membuat kebijakan yang tepat sasaran bagaimana membangun pariwisata yang benar,” tuntas Hary yang juga berharap kader Partai Perindo kelak ada yang bisa menduduki kursi eksekutif di NTB agar betul-betul bisa mengembangkan NTB secara komprehensif. (ys)