Wednesday, 24 April 2019

Bangunan Tiga Lantai Dibongkar Petugas

Kamis, 14 Februari 2019 — 17:15 WIB
Petugas sedang membongkar bangunan yang menyalahi aturan. (wandi)

Petugas sedang membongkar bangunan yang menyalahi aturan. (wandi)

JAKARTA –  Bangunan tiga lantai di Jalan Tebet Utara 1 H No. 17 RT 006/RW 01 Kelurahan Tebet Timur, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, dibongkar petugas.

Pembongkaran ini karena bangunan tersebut tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Jakarta Selatan Ujang Harmawan, mengatakan, penertiban ini adalah salah satu bentuk penegakan hukum di Jakarta.

Tindakan tegas ini juga sebagai wujud pemerintah tidak tebang pilih dalam melakukan penindakan.

“Pembongkaran ini juga sebagai bentuk penegakan hokum Tentang Peraturan Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 7 Tahun 2010 tentang Bangunan Gedung. Makanya bagi pelaku pelanggaran akan kami tindak tegas siapapun tanpa pandang bulu,” ujar Ujang Hermawan, Kamis (14/2/2019).

Kasat Pol juga menjelaskan, bangunan yang diperuntukan sebagai rumah tinggal itu ditertibkan lantaran menambah lantai bangunan.  Menurutnya, di dalam IMB, bangunan itu seharusnya dibangun tiga lantai. Namun, oleh pemiliknya justru dibangun empat lantai.

Sebelum melakukan penertiban,  pihak Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Sudin Citata) Jakarta Selatan, telah memberikan Surat Pemberitahuan, Peringatan, Surat Segel, hingga Surat Perintah Bongkar (SPB). Namun, hingga batas waktu yang sudah ditentukan tak digubris pihaknya mengambil tindakan tegas.

“Diharapkan dengan penertiban dapat memberikan kesadaran kepada pemilik, baik pemilik pribadi maupun badan usaha. Untuk itu bagi masyarakat yang akan membangun agar mengurus izin,” tegasnya.

Sementara, Kasudin Citata, Jakarta Selatan, Syukria menambahkan, selain menambah lantai bangunan. Jenis pelanggaran pada bangunan tersebut juga terletak di jarak bebas belakang.

“Selain menambah lantai bangunan, jarak bebas belakang juga kita tertibkan. Makanya saya himbau kepada warga apabila membangun agar sesuai dengan izin jika melanggar akan kami tindak tegas,” ujar Syukria. (wandi/tri)