Wednesday, 24 April 2019

Valentine, Pedagang Pasar Kembang Cikini Sepi Pembeli

Kamis, 14 Februari 2019 — 12:41 WIB
Pasar Kembang Cikini, Jakarta Pusat.(cw2)

Pasar Kembang Cikini, Jakarta Pusat.(cw2)

JAKARTA – Hari Valentine dirayakan tiap 14 Februari oleh sejumlah penduduk di dunia. Hal-hal berbau romantis nampaknya identik dengan perayaan Hari Kasih Sayang ini. Maka bunga pun menjadi salah satu cara untuk mengungkapkan rasa kepada orang yang dikasihi

Namun belakangan bunga segar tak selalu menjadi pilihan. “Buatku sih, kata-kata yang manis lebih membekas,” ungkap Nita, warga Condet, Jakarta Timur.

Hal sama diamini Juni. Ia mengaku memilih memberi ucapan manis di pagi hari untuk kekasihnya. “Selanjutnya ya kami kerja seperti biasa, paling janjian makan malam bareng sepulang kerja,” ucap pegawai di kawasan Kota, Jakarta Barat.

Melemahnya penjualan bunga disampaikan beberapa pedagang di Pasar Kembang Cikini, Jakarta Pusat. Bahkan, pembeli di saat Hari Valentine kali ini jauh merosot.

“Sepi,” ujar Rahman, pedagang bunga, Kamis (14/2/2019). “Yang beli sih ada saja, tapi ya cuma satu atau dua begitu. Beda banget sama tahun-tahun sebelumnya yang ramai peminatnya.”

Menurutnya, pada tahun-tahun sebelumnya ia bisa menjual lebih dari 500 tangkai bunga saat Hari Kasih Sayang. “Tahun lalu saja masih bisa jual 500 tangkai,” katanya, “tapi tahun ini, 100 tangkai pun belum terjual.”

Senada dengan Rahman, Adi juga mengeluhkan hal serupa. Meski begitu ia mengaku di Hari Valentine penjualan lebih baik dibanding har-hari biasa.

“Ya lumayan kalau hari ini dibandingkan kemarin-kemarin. Dari pagi sudah 10 tangkai terjual. Kalau kemarin sepi banget,” ungkapnya.

Kedua pedagang tersebut mengaku bunga-bunga yang dijual didapat dari Bandung, Jawa Barat. Setiap satu minggu sekali bunga-bunga baru dan segar akan dikirimkan ke kios mereka.

Bunga yang dijual di kios-kios tersebut beragam. Mulai dari, bunga matahari, bunga krisan, ada pula bunga baby breath.
Bunga-bunga tersebut pun harganya bervariasi. Ada yang Rp10 ribu per tangkai, ada pula Rp25 ribu per tangkai. Tergantung pada jenis bunga yang dipilih. Mereka juga menjual buket bunga dengan harga beragam, mulai dari Rp125 ribu hingga Rp. 250 ribu. (cw2/yp)