Saturday, 24 August 2019

PKS Pastikan Pekan Ini Dua Cawagub DKI Diserahkan ke Anies

Selasa, 19 Februari 2019 — 20:08 WIB
Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu

Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu

JAKARTA– Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta, memastikan pekan ini dua nama calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta sudah dikirim ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Maret nanti Anies Baswedan sudah memiliki wakil gubernur pengganti Sandiaga Uno yang maju jadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo.

Ketua Bidang Humas DPW PKS DKI Jakarta Zakaria Maulana Alif mengatakan, tiga kandidat tersebut segera diambil dua nama. Namun dirinya tidak bisa memastikan dua dari tiga nama yang akan dikirim.

“Memang agak rumit, dalam politik ini bisa yang satu jadi nomor tiga, yang tiga jadi nomer dua, dua jadi nomer satu. Yang penting rekomedasi fit and proper test sudah berlaku,” ujar Zakaria.

Tiga kandidat wagub DKI yang ikut fit and proper test yaitu Ahmad Syaikhu, Agung Yulianto, dan Abdurrahman Suhaimi.

Sebelumnya, dua yang direkomendasikan tim fit and proper test untuk dipilih yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto, namun ditolak Gerindra.

“Targetnya, dua nama yang terpilih akan diserahkan ke Gubernur Anies Baswedan pekan ini. Setelah itu, Anies akan menyerahkan dua nama itu untuk divoting di DPRD. Maret bisa ada wagub. ”

Direktur Ekesekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno mengatakan Partai Gerindra tidak punya alasan lagi untuk menunda penetapan dua nama Cawagub yang diusung PKS.

Pasalnya, berbagai mekanisme yang diajukan partai besutan Prabowo Subianto itu telah dipenuhi. Mulai dari uji kelayakan atau fit and proper test, pengenalan ke fraksi-fraksi di DPRD DKI hingga Forum Group Discussion (FGD) telah dilakukan.

Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik mengatakan tidak akan menghambat penetapan cawagub. “Kita tidak menghambat, tapi memang mekanismenya harus dijalankan, “katanya.

Keputusan cawagub hasil fit and propertes harus dikonsulkannke DPP. “Kami tunggu keputusan DPP. Kita tidak hambat. (john/b)