Wednesday, 24 April 2019

Gebrak Meja, Pria Dikeluarkan saat Pemungutan Suara

Rabu, 20 Februari 2019 — 13:47 WIB
Seorang pria bersitegang saat simulasi pemilu yang diselenggarakan KPU Jakarta Utara. (deny)

Seorang pria bersitegang saat simulasi pemilu yang diselenggarakan KPU Jakarta Utara. (deny)

JAKARTA – Aksi gebrak meja hingga keributan terjadi saat pemungutan suara di bilik suara TPS di Kantor Walikota Jakarta Utara. Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) berupaya menenangkan dan memberi penjelasan. Namun, satu pria tetap tidak terima hingga ia digiring paksa keluar TPS.

Kejadian saat pemungutan suara Pemilu ini bukan sungguhan. Melainkan, bagian dari adegan Simulasi Pemilu langsung di TPS yang diadakan KPU Jakarta Utara di Halaman Plaza Barat Kantor Walikota Jakarta Utara, Rabu (20/2/2019).

Ketua KPU Jakarta Utara, Abdul Bahder Maloko, mengatakan simulasi dengan adegan kerusuhan dapat menunjukkan bahwa apabila sesuatu terjadi di TPS, petugas pengamanan telah siap. Begitu juga pihak Polri, dan TNI di luar TPS.

“Ada beberapa kerawanan sering ditemui saat hari pencoblosan. Di antaranya KTP bukan dapilnya, KTP bukan yang terdaftar dalam DPT, atau KTP di luar DKI,” ungkap Bahder. Prediksi kerawanan ini, dirasakannya perlu disimulasikan.

Sementara itu, Walikota Jakarta Utara, Syamsuddin Lologau, mengatakan kegiatan ini menunjukkan juga sinergisitas menjaga keamanan baik dari aparat maupun masyarakat. “Tentunya kita bersama-sama berharap pemilu nanti kondusif,” imbuhnya. (deny/yp)