Saturday, 23 March 2019

Olympique Lyon Menahan Imbang Barcelona

Rabu, 20 Februari 2019 — 5:26 WIB
Anthony Lopes kiper Lyon berhasil menghadang serangan Messi (reuters)

Anthony Lopes kiper Lyon berhasil menghadang serangan Messi (reuters)

PRANCIS- Olympique Lyonnais berhasil menahan imbang Barcelona dalam laga leg pertama babak 16 Liga Champions di Stadion Groupama, Prancis, Rabu (20/2/2019) dinihari.

Tentu dengan hasil ini kedua tim masih berpeluang lolos ke perempat final meski Barca lebih diuntungkan karena pada leg kedua akan menjamu Lyon di Camp Nou.

Bagi Barcelona yang jauh lebih diunggulkan tentu hasil seri bukan hal yang bagus. Ini juga semakin mempertegas bahwa pemain-pemain Barcelona belum bugar secara khusus mega bintang mereka Lionel Messi yang belakangan ini memang disebut-sebut mengalami masalah di pahanya.

Tentu Blaugrana harus menang di Camp Nou jika ingin lolos nanti. Jika Messi dan Luis Suarez tidak segera bugar tentu bukan hal yang mudah menundukkan wakil dari Prancis itu.

Memang dari data yang ada Barca unggul jauh dari tuan rumah dalam penguasaan bola yaitu 63 persen. Demikian juga tembakan tepat sasaran Barca lima kali sedangkan Lyon hanya dua kali.

Meski demikian pada awal babak pertama, Barca justru lebih tertekan. Menit kesembilan Lyon nyaris unggul ketika Terrier dari luar kotak penalti melepaskan tembakan keras. Ter Stegen berhasil sedikit menepisnya dan bola mengenai mistar gawang. Dua pemain Lyon coba meraih bola tetapi Ter Stegen berhasil bangkit dan mengamankannya lebih dulu di saat tepat.

Giliran Barca mengancam menit ke-19. Dembele berhasil melewati dua pemain belakang Lyon dan sudah berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang. Tetapi tembakannya berhasil dimentahkan Lopes.

Di akhir babak pertama giliran Suarez yang gagal mencetak gol. Menerima umpan dari Jordi Alba, Suarez terlambat menyongsong bola dan serangan Barca berhasil dihentikan oleh Denayer . Dan babak pertama berakhir dengan kedudukan 0-0.

Memasuki babak kedua Barca langsung mengepung pertahanan tuan rumah. Namun lewat serangan balik Lyon justru nyaris memecah kebuntuan menit ke-62. Moussa Dembele berhasil melewati Lenglet dalam posisi satu lawan satu . Sayang sepakan Dembele masih bisa diamankan Ter Stegen

Menit ke- 70 giliran kerjasama Coutinho dengan Alba yang nyaris membuat Barca unggul. Alba memberi umpan ke kotak penalti berharap diselesaikan oleh Coutinho. Tetapi Suarez justru yang memotong bola dan melepaskan tembakan. Tetapi arahnya melebar dan jelas terlihat raut Coutinho sangat kecewa

Kali ini Messi nyaris tidak mampu membahayakan Lyon. Pemain asal Argentina itu memang dikawal ketat bahkan kadang oleh tiga pemain tuan rumah. Bahkan beberapa kali Messi juga seperti kehilangan momentum dalam mendistribusikan bola.

Laga ini pun berakhir dengan kedudukan 0-0 yang tampak disambut gembira oleh pemain-pemain Lyon juga oleh pendukungnya. (b)