Monday, 20 May 2019

Ridwan Kamil: Di Jawa Barat Suara Jokowi- Amin Naik Signifikan

Sabtu, 23 Februari 2019 — 0:20 WIB
Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto  dan Dewan Pengarah TKD Jabar, Ridwan Kamil saat mencicipi kuliner di pinggir jalan Kota Bandung. (ist)

Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto dan Dewan Pengarah TKD Jabar, Ridwan Kamil saat mencicipi kuliner di pinggir jalan Kota Bandung. (ist)

BANDUNG – Dewan Pengarah Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK) meyakini perolehan suara pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin di Jawa Barat pada Pilpres 2019 akan meningkat signifikan.

RK mengatakan berdasarkan hasil survei di lapangan perolehan suara pasangan calon 01 menunjukkan hasil yang positif.

Hal ini disampaikan saat bertemu dengan Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN), Hasto Kristiyanto saat menikmati kuliner malam di pinggir jalan Kota Bandung, tepatnya di Jalan Terusan ABC, Kota Bandung, Jumat (22/2/2019) malam.

“Alhamdulilah hasil pembacaan-pembacaan di lapangan dan dipergerakan arahnya sangat positif, kami yakini, insya Allah kalau tidak ada halangan, Jabar akan maksimal untuk Pak Jokowi-KH Ma’ruf Amin,” katanya.

Terkait hasil Pilpres 2014 di mana Jawa Barat dikuasai Prabowo Subianto, dia mengklaim terdapat pergeseran pemilih. Dia menyebut saat ini sekitar empat juta pemilih sudah beralih memilih Jokowi.

“Jadi logikanya simpel ya. Dulu dengan kalah minus 20 persen itu di Jawa Barat Pak Jokowi bisa menjadi presiden. Perhari ini survei mengindikasikan sudah hampir seimbang, bahkan beberapa survei sudah lebih. Ini mengindikasikan berarti ada 4 jutaan warga yang dulu tidak memilih (Jokowi) sudah balik kanan, meyakini kepada 01. Tentu keyakinannya harus kita buktikan secara faktual nanti di hari pencoblosan,” tandasnya.

Mantan Walikota Bandung itu meyakini pasangan Jokowi – Ma’ruf merupakan kombinasi yang cocok dan saling mengisi.

“Kombinasi seorang sosok yang pekerja keras bersama sosok yang bisa mengayomi, menjaga nilai-nilai keumatan ini adalah kombinasi yang menurut saya paling pas. Yang satu ngegas, yang satu ngerem, ini pas,” imbuhnya.

Hasto menegaskan partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK) bersama relawan, akan terus bekerja keras. Terlebih di Jawa barat ada dukungan dari tokoh seperti Ridwan Kamil, Agum Gumelar, Solichin GP, Deddy Mizwar, TB Hasanuddin, dan Dedi Mulyadi.

“Seluruh tokoh itu sudah bergabung menyatukan diri dalam kepemimpinan Pak Jokowi dan KH Ma’ruf Amin. Ini merupakan hal yang sangat positif dan sebagaimana disampaikan oleh Pak Ridwan Kamil tadi,” ujarnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan itu meyakini paduan antara Jokowi- Ma’ruf Amin cerminan keindonesiaan yang kuat. Sosok Ma’ruf Amin sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) dinilai dapat diterima warga Jawa Barat sebagai sosok pengayom masyarakat.

“Dan sosok KH Ma’ruf Amin sebagai ketua MUI, itu betul-betul menjadi pegangan masyarakat Jawa Barat sebagai sosok pengayom,” tuntas Hasto. (ikbal/b)