Friday, 20 September 2019

Dari BPJS Ketenagakerjaan

Petani Sawit Indonesia Segera Mendapat Perlindungan Jaminan Sosial

Kamis, 28 Februari 2019 — 14:26 WIB
Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan E. Ilyas Lubis dan Ketua Umum Apkasindo, H. Anizar Simanjutak usai penandatanganan kerjasama.(Ist)

Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan E. Ilyas Lubis dan Ketua Umum Apkasindo, H. Anizar Simanjutak usai penandatanganan kerjasama.(Ist)

JAKARTA –  Petani sawit Indonesi mendapat perlindungan Jaminan sosial oleh BPJS Ketenagakerjaan, yang ditandai  penandatanganan kerjasama  dengan  dengan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO.

Prosesi penandatanganan perjanjian kerjasama ini dilangsungkan di Jakarta (28/2/2019) oleh Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan E. Ilyas Lubis dan Ketua Umum Apkasindo, H. Anizar Simanjutak.

Pada Sektor kebun kelapa sawit, di Indonesia sendiri tercatat 8,1 juta hektar lahan digunakan sebagai industri perkebunan kelapa sawit yang dikelola langsung oleh petani sawit secara mandiri.

Seperti diketahui bersama, petani sawit memiliki risiko atas kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja pada saat bekerja, mulai dari kecelakaan oleh alat pertanian maupun bahaya yang berasal dari binatang buas yang berada di areal perkebunan kelapa sawit tersebut.

APKASINDO merupakan organisasi profesi petani kelapa sawit yang diakui, disahkan dan dibina oleh Kementerian Pertanian RI melalui Direktorat Jenderal Perkebunan dan Badan Eksekutif Gabungan Asosiasi Petani Perkebunan Republik Indonesia (GAPPERINDO) dan Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI).

Organisasi ini memiliki anggota  sekitar 1 Juta orang petani sawit yang tersebar di 116 Kabupaten dan 22 Propinsi di Indonesia yang memiliki kartu keanggotaan dengan informasi data personel dan lokasi kebun.

Ilyas menyampaikan “Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ini bertujuan memberikan pemahaman dan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada petani sawit di seluruh Indonesia yang nantinya para petani sawit akan terlindungi dari berbagai risiko sosial yang mengintai.

“Program  ini menunjukkan perwujudan kehadiran negara dalam peningkatan kesejahteraan petani sawit di Indonesia,” ujar Ilyas

Pada kesempatan itu,  BPJS Ketenagakerjaan juga menyampaikan sosialisasi kepada petani sawit yang disaksikan oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan dan dihadiri sekitar 300 pengurus APKASINDO di 22 Provinsi.(tri)