Monday, 27 May 2019

Anies Ingin Melepas Saham di Pabrik Bir, Namun Belum Disetujui DPRD

Selasa, 5 Maret 2019 — 18:18 WIB
Bir-Anker-Indonesia

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah bulat melepas saham Pemprov DKI yang ada di PT Delta yang memproduksi bir. Sejumlah perusahaan sudah antre menunggu keputusan gubernur.

“Saya akan upayakan terus untuk melepas saham di PT Delta, “kata Anies, Selasa (5/3/2019).

Anies mengakui secara ekonomi perusahaan tersebut menguntungkan. Bahkan mampu menyumbang deviden hingga Rp50 miliar untuk APBD. Saat ini banyak perusahaan yang berminat untuk membeli saham itu.

Anies merasa DPRD menghalangi rencananya melepas saham tersebut. “Saya akan terus berupaya. Bahkan saya akan sampaikan ke masyarakat bahwa wakil wakil warga di dewan ingin terus memiliki saham di pabrik Anker Bir, “jelasnya.

Anies menjelaskan, semua tergantung keinginan masyarakat. Semua sesuai aspirasi warga, apakah setuju atau tidak saham itu tetap dipertahankan.

“Kalau menurut warga memang sesuai aspirasi wakilnya, ya kita kan jalan terus, tapi kalau warga tidak setuju sampaikan ke Dewan. Ketika wakil rakyat tidak menyetujui, kami laporkan ke rakyat. Ini dewan Anda ingin punya saham bir terus, ingin punya untung dari saham bir,” ujar Anies.

Anies lebih setuju hasil penjualan saham itu digunakan untuk pembangunan bagi masyarakat. Menurut Anies, susah kalau ada kepentingan politik dalam problem penjualan saham ini. “Nah kalau kita suratnya sudah hampir setahun dikirim. Sejak bulan Mei tahun lalu, sampai sekarang belum ada respons. Itulah risikonya kalau politik, jadi rumit di situ,” katanya.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, secara gamblang menyatakan menolak rencana pelepasan saham tersebut. Bagi Prasetyo, saham itu tidak akan merugikan Pemprov, malah memberikan keuntungan.

“Di mana salahnya PT Delta itu? Saya berprinsip tidak ada yang merugikan untuk pemerintah daerah, apalagi yang dikatakan setahun dapat (dividen) Rp50 miliar,” kata Prasetyo. (john/b)