Tuesday, 20 August 2019

Bangunan Rumah Mewah di Cilandak Diobrak-abrik Petugas

Senin, 11 Maret 2019 — 17:34 WIB
Rumah mewah empat lantai salahi ijin diobrak abrik petugas. (wandi)

Rumah mewah empat lantai salahi ijin diobrak abrik petugas. (wandi)

JAKARTA – Rumah mewah tiga lantai di Jalan Cilandak, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan diobrak-abrik petugas. Tindakan tegas ini dilakukan lantaran pemilik bangunan menyalahi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Asisten Pemerintahan Jakarta Selatan Mahludin, mengatakan, penertiban bangunan ini salah satu bentuk penegakan hukum Perda DKI Nomor 7 Tahun 2010 tentang Bangunan Gedung. Ini dilakukan karena di dalam IMB, pembangunan seharusnya tiga lantai, namun oleh pemiliknya justru dibangun empat lantai.

“Sebelum melakukan penertiban kami sudah melayangkan surat peringatan kepada pemilik bangunan. Namun tidak ada konfirmasi balasan dari pemilik untuk berhenti melakukan pembangunan tambahan lantai empat, makanya kami ambil tidak tegas membongkar lantai empat,” kata Mahludin, Senin (11/3).

Aspem juga menambahkan bangunan dengan peruntukan rumah tinggal tersebut selain menyalahi jumlah lantai juga mendahului izin. Atas pelanggaran inilah bangunan tersebut ditertibkan dengan pembongkaran paksa.

Kepala Seksi Sudin Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) Kecamatan Cilandak Bambang Sumedi mengatakan, pihaknya telah melayangkan serangkaian tindakan administrasi hingga rekomtek bongkar karena pelaksanaan pembangunan mendaduhului IMB yang dikelaurakan PTSP.

“Kita rekomtek bongkar ke Satpol PP karena mendahului IMB,” terangnya.

Sementara Kasi Trantibum Satpol PP Luasman Manihuruk menambahkan, pembongkaran bangunan yang dilakukan pihaknya sesuai rekomtek Sudin Citata. Pembongkaran paksa ini sebagai efek jera agar membangunan sesuai IMM dan peraturan yang berlaku.

“Kita mengimbau masyarakat agar sebelum membangunan lebih dahulu mengurus IMB. Jika tetap membandel kami tak segan-segan membongkarnya, kalau sudah begini (dibongkar) kerugiannya kan tidak sedikit,” kata Lasman Manihuruk. (wandi/b)