Thursday, 23 May 2019

Piala AFC

Bungkam Shan United 3-1, Persija Tatap PSS Sleman

Selasa, 12 Maret 2019 — 21:55 WIB
Pemain Persija Jakarta merayakan kemenangan atas Shan United. (twitter persija jakarta)

Pemain Persija Jakarta merayakan kemenangan atas Shan United. (twitter persija jakarta)

MYANMAR – Persija ‘Macan Kemayoran’ Jakarta semakin lebih fokus menghadapi PSS Sleman pada ajang Piala Presiden 2019 di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, Jumat (15/3/2019) pukul 18:30 WIB. Hal itu terjadi setelah mereka sukses menjaga asa untuk lolos ke fase selanjutnya pada ajang Piala AFC dengan membungkam wakil Myanmar, Shan United, 3-1 di Stadion Thuwanna YTC, Yangon, Selasa (12/3/2019) petang.

Tertinggal lebih dulu lewat gol Reo Nakamura (20′), Persija berhasil membalikkan keadaan dan memastikan kemenangan, berkat sepasang gol Bruno Matos (66′, 83′) dan Steven Paulle (77′).

“Persija bermain sangat agresif terutama di babak kedua. Saya kira luar biasa. Kami coba menekan dari lini tengah, di mana kami banyak menggunakan banyak kombinasi serangan di sini. Setelah membenahi kesalahan di babak pertama, akhirnya kami mudah untuk mencetak tiga gol,” ulas pelatih Persija, Ivan Kolev dalam keterangannya, usai membungkam Shan United 3-1.

Dengan tambahan tiga angka itu, Macan Kemayoran kini berada di urutan kedua Grup G dengan empat angka. Persija tertinggal dua angka di bawah wakil Filipina, Ceres yang sukses menggilas tuan rumah Bacamex Binh Duong 3-1 pada hari yang sama di Vietnam. Itu artinya, kans Persija untuk lolos ke fase selanjutnya bisa terjaga saat menjamu Ceres pada laga selanjutnya, 3 April mendatang. Syaratnya, tim asuhan Ivan Kolev tersebut, tidak boleh kalah di depan publik sendiri.

Apalagi Kolev mengatakan jika persaingan di Grup G cukup ketat. Menurutnya, setiap tim masih punya kans untuk lolos ke fase selanjutnya, terlepas dari posisi Binh Duong yang berada di urutan ketiga dengan satu angka dan Shan United di posisi buncit, tanpa angka.

“Saya pikir di grup ini ketat karena semuanya berpeluang dan sama beratnya. Intinya kami harus kerja keras untuk bisa lolos ke babak selanjutnya,” kata Kolev.

Terlepas dari usaha Macan Kemayoran di Piala AFC, kemenangan atas Shan United semakin membuat timnya lebih fokus menghadapi PSS Sleman dalam lanjutan fase Grup D Piala Presiden 2019, Jumat (15/3/2019).

Maklum, posisi Persija masih bisa digusur meski memimpin Grup D dengan empat poin dari dua laga. Pasalnya, Persija hanya unggul produktivitas gol dari Madura United yang akan bentrok dengan juru kunci tanpa angka, Borneo FC pada hari yang sama.

PSS Sleman yang menempati posisi ketiga dengan tiga poin, juga berpeluang menggusur Macan Kemayoran jika mampu mengalahkan tim Ibu Kota tersebut.

Untuk itu, Kolev wajib melakukan rotasi demi menghindari bahaya kelelahan para pemain. Rotasi pemain dengan berbagai kombinasi serangan, terbukti sukses diterapkan Kolev saat membungkam Shan United 3-1, atau empat hari selang bermain 2-2 melawan Madura United di ajang Piala Presiden 2019. (junius/ys)