Thursday, 23 May 2019

Ke Kandang Shan United, Persija Masih Timpang

Selasa, 12 Maret 2019 — 0:22 WIB
Pelatih Persija Jakarta, Ivan Kolev. (ist)

Pelatih Persija Jakarta, Ivan Kolev. (ist)

JAKARTA – Persija ‘Macan Kemayoran’ Jakarta dipastikan datang dengan kondisi timpang saat menghadapi tuan rumah tra Shan United dalam lanjutan fase Grup G Piala AFC di Stadion Thuwunna YTC, Yangon, Birma Selasa (12) pukul 16:00 WIB. Namun pelatih Ivan Kolev tetap yakin anak-anak asuhnya mampu memaksimalkan peluang setelah gagal meraih kemenangan di laga perdana.

Pasca-bermain imbang tanpa gol saat menjamu Bacamex Binh Duong (Vietnam) pada laga perdana di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 26 Februari lalu, Persija wajib meraih kemenangan pada laga nanti jika ingin menjaga asa lolos ke fase selanjutnya.

Namun usaha untuk membidik kemenangan tentu bukan hal yang mudah bagi tim besutan Kolev. Apalagi Persija dipastikan tampil tanpa kiper andalan mereka, Andritany Ardhiyasa dan Novri Setiawan di lini depan.

Keduanya terpaksa harus terbang ke Australia untuk menjalani pemusatan latihan (TC) bersama Timnas senior di bawah asuhan Simon Mc Menemy hingga beberapa pekan ke depan. Semula, Riko Simanjuntak juga terpilih untuk menjalani TC bersama Andritany dan Novri. Namun ia mendapat kompensasi khusus untuk tetap memperkuat Macan Kemayoran pada laga kali ini. “Sebenarnya ada tiga pemain, tapi dua berangkat ke Australia untuk menjalani TC, Kami sedikit kehilangan mereka,” kata Kolev.
Pun, hal itu tidak ingin dijadikan alasan bagi Kolev untuk membawa pulang kemenangan dari Myanmar. Apalagi Kolev yang punya pengalaman menukangi Timnas Myanmar pada 2004-2005 dan kYangon United pada 2012-2013 silam, sudah mengetahui apa yang harus ia lakukan untuk mengatasi Shan United. Maklum, pelatih asal Bulgaria itu tentu memiliki banyak informan di Myanmar untuk mengetahui kelemahan calon lawan. Ia bahkan tidak mengkhawatirkan cuaca panas di Myanmar saat ini.

“Mungkin sedikit memengaruhi (cuaca panas) di Indonesia lebih sedikit sejuk. Tapi saya pikir mereka semua pemain harus siap beradaptasi dengan cepat karena tidak ada waktu lagi memikirkan cuaca panas atau tidak panas. Mungkin laga ini akan menjadi pertandingan yang berat juga untuk kami di sisi lain saya sangat senang kembali ke Myanmar dan bisa bertemu dengan rekan-rekan saya dan pemain yang dulu pernah saya latih. Tapi yang pasti kedua tim akan bermain untuk menang,” tegasnya.
Kolev sendiri tidak ingin meremehkan Shan United yang juga butuh kemenangan demi menjaga peluang setelah menjadi juru kunci Grup G, tanpa angka. Sementara Persija berada satu strip di atas mereka dengan koleksi satu angka, bersama Binh Duong. Sementara pimpinan Grup G ditempati oleh Ceres yang mengoleksi tiga angka, berkat kemenangan 3-2 atas Shan United pada laga perdana di Filipina, 26 Februari lalu. Kali ini, Ceres akan menghadapi Binh Duong di Vietnam pada hari yang sama. (junius/b)