Tuesday, 19 March 2019

TGUPP akan Tambah Gemuk Gubernur Tinggal Teken Saja

Selasa, 12 Maret 2019 — 7:15 WIB
SENTILAN-TGUPP

TGUPP dari 7 ke 73 orang sudah menuai banyak kritikan. Tapi Gubernur Anies Baswedan jalan terus. Rupanya percepatan pembangunan belum tercapai juga, sehingga dengan Pergub yang baru, TGUPP akan ditambah lagi tanpa batas. Dengan TGUPP yang semakin gemuk, apa-apa tinggal tekan saja. Maju kotanya, bahagia personal TGUPP-nya.

Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) di DKI ada sejak era Jokowi. Di era Gubernur Ahok, TGUPP menjadi 7 orang, semua digaji dari dana operasional gubernur. DKI Jakarta di bawah Gubernur Anies, justru bertambah gemuk, dari 7 menjadi 73 orang. Mendagri Tjahjo Kumolo pernah menegurnya, tapi tak digubris, sehingga Kemendagri akhirnya bersikap, terserah Anda lah!

Paling bikin kaget, gaji mereka yang “selangit” antara Rp 15 juta sampai Rp 25 juta, semua dibebankan ke APBD. Padahal seharusnya pakai dana operasional Gubernur. Tapi bisa dimaklumilah. Kenapa harus dikasih ke tim, wong sisanya dibawa pulang juga sah dan halalan tayiban.

Tapi agaknya dengan TGUPP yang demikian gemuk, apa yang menjadi target Gubernur belum kena sasaran juga. Anies sudah mencoba bentuk tim ini dan tim itu, tapi rupanya belum memuaskan juga. Akhirnya, Pergub Nomor 16 Tahun 2019 tentang TGUPP diterbitkan. Dengan Pergub yang baru ini, jumlah personal TGUPP tak dibatasi, dan PNS bisa masuk di dalamnya.

Wakil Ketua DPRD M. Taufik kali ini ikut heran, dengan personal TGUPP yang semakin gemuk, gajinya diambil dari mana? Bisa diduga, paling-paling juga dibebankan ke APBD. Ngapain pusing, wong tahun ini APBD DKI mencapai Rp 89 triliun lebih. Yang pasti, TGUPP nantinya diplesetkan orang jadi: Tim Gubernur Untuk Pembengkakan Pengeluaran.

Dengan TGUPP yang semakin tambun, kerja Gubernur Anies dimungkinkan menjadi lebih santai. Jadi meskipun Wagubnya belum jelas siapa dan dari mana, tak perlu risau. Toh semua tugas pemerintahan bisa dibebankan kepada personal TGUPP. Semuanya mereka yang mengatur, Pak Gub tinggal teken saja, sret srettt….. Belum jelas maju kotanya, yang penting bahagia personal TGUPP-nya. – gunarso ts