Monday, 26 August 2019

Survei Konsepindo: Bila Tak Ada Kejadian Besar, Jokowi Jadi Presiden Lagi

Rabu, 13 Maret 2019 — 16:20 WIB
Pemaparan hasil Konsep Indonesia (Konsepindo) yang mengunggulkan paslon Jokowi - Ma'ruf pada Pilpres 2019. (ikbal)

Pemaparan hasil Konsep Indonesia (Konsepindo) yang mengunggulkan paslon Jokowi - Ma'ruf pada Pilpres 2019. (ikbal)

JAKARTA – Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo – Ma’ruf Amin diprediksi akan memenangi Pilpres 2019. Jokowi-Ma’ruf akan mengungguli penantangnya Prabowo Subianto – Sandiaga Uno jika tidak ada kejadian luar biasa di 35 hari menjelang pemungutan suara.

Prediksi ini tergambar berdasarkan hasil survei Konsep Indonesia (Konsepindo). Direktur Konsepindo Veri Muhlis Arifuzzaman mengatakan hasil survei sesuai pertanyaan spontan jika pemilihan presiden berlangsung pada hari ini.

“55% responden langsung menyatakan akan memilih Jokowi-Ma’ruf. Sementara yang akan memilih Prabowo-Sandi sebanyak 33,2%,” ujarnya di Millenium Hotel, Tanahabang, Jakarta Pusat, Rabu (13/3/2019).

“Bisa diprediksi Pilpres ini akan dimenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. Ini tentu jika tidak ada kejadian yang luar biasa,” imbuhnya.

Dia menerangkan terdapat sejumlah faktor yang membuat paslon 01 lebih diunggulkan. Satu faktor diantaranya adalah kepuasan atas kinerja Jokowi pada periode pertama. Selain itu mayoritas responden, atau sekitar 73,4 persen, menilai Jokowi membawa Indonesia ke arah kemajuan selama hampir lima tahun memerintah. Persepsi tersebut juga membawa dampak electoral bagi Jokowi – Ma’ruf.

“Responden mengaku puas dengan kinerja Jokowi sebanyak 69,6 persen. Sebaliknya yang mengaku tidak puas hanya 26 persen,” ungkapnya.

Lebih lanjut Konsepindo juga mencatat pada faktor ekonomi, Jokowi juga unggul karena pemerintah juga dianggap mampu memyelesaikan persoalan ekonomi. Jokowi-Ma’ruf dinilai dapat menyelesaikan masalah ekonomi 28,3 persen dibanding pasangan Prabowo-Sandi yang menggaungkan isu ekonomi dalam kampanyenya 26,7 persen.

“Poin penting temuan survei kita adalah Jokowi-Ma’ruf dinilai lebih mampu menyelesaikan masalah dan tantangan ekonomi dibanding rivalnya, padahal Prabowo-Sandi banyak mengeksploitasi isu ekonomi dalam kampanyenya,” papar Veri.

Pada penilaian kemampuan pasangan calon pasangan Jokowi-Ma’ruf dipandang lebih mampu mengatasi masalah sosial, ekonomi, politik, hukum, dan dipandang mampu mengatasi masalah keamanan.

“Gabungan faktor persepsi positif atas kinerja presiden dan persepsi kemampuan dalam menyelesaikan masalah-masalah sosial, ekonomi, hukum, politik, dan keamanan. Ini memiliki kontribusi penting atas tingginya elektabilitas Jokowi-Ma’ruf dibanding lawannya,” tandas dia.

Survei Konsepindo yang digelar 17 Februari hingga 24 Februari itu melibatkan 1200 responden. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen. (ikbal/yp).