Wednesday, 22 May 2019

Kepsek Harus Fasilitasi Warga Miskin Mengenyam Pendidikan

Kamis, 14 Maret 2019 — 23:54 WIB
Walikota Jakbar, Rustam Effendi saat Silaturahmi Forum Koordinasi Pimpinan Kota bersama seluruh Kepala Sekolah se -Jakbar. (Rachmi)

Walikota Jakbar, Rustam Effendi saat Silaturahmi Forum Koordinasi Pimpinan Kota bersama seluruh Kepala Sekolah se -Jakbar. (Rachmi)

JAKARTA – Walikota Jakarta Barat, Rustam Effendi mengingatkan a Kepala Sekolah (Kepsek) di wilayahnya supaya aktif enangani permasalahan di bidang pendidikan. Termasuk aspek kemiskinan hingga peredaran narkoba.

“Masih banyak saudara kita yang miskin belum merasakan akses pendidikan yang memadai. Padahal pemerintah sudah menyiapkan program pendidikan 12 tahun gratis. Narkoba juga masuk ke sekolah, jadi saya minta kedua permasalahan ini diperhatikan secara serius dan diatasi,” kata Rustam saat Silaturahmi Forum Koordinasi Pimpinan Kota bersama seluruh Kepsek, Kamis (14/3).

Ia mengungkapkan gangguan dari lingkungan yang kerap muncul saat ini karena narkoba. Peserta didik mengonsumsi narkoba sehingga tidak ada lagi rasa takut membawa senjata tajam ke sekolah. Efek negatif pemakaian narkoba di kalangan pelajar yakni tawuran menggunakan senjata tajam.

Kapolres Metro Jakbar, Kombes Pol Hengki Haryadi menjelaskan data di jajarannya ada 122 tersangka yang merupakan anak di bawah umur dari 141 kejahatan jalanan. Namun penegakan hukum terhadap pelaku kejahatan dibawah umur tidak menyelesaikan masalah.

“Karena semua kembali ke keluarga. Jika dari dalam keluarga bagus, tidak akan muncul benih kejahatan pada anak,” kata Hengky.

Hengky mengajak seluruh elemen berperan dalam melakukan tindakan preventif termasuk pihak sekolah. Memerangi kejahatan kuncinya kerjasama dan kolaborasi. Jadi bersama polisi, pihak sekolah juga membantu pencegahan tindak kriminal pada anak.(rachmi/ruh)