Tuesday, 26 March 2019

Manfaatkan Program Motis

Kamis, 14 Maret 2019 — 7:05 WIB

IDUL Fitri masih tiga bulan lagi, tepatnya pada 5 atau 6 Juni. Namun, Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan membuka pendaftaran angkutan motor gratis (Motis) dengan moda kereta api, untuk pemudik Lebaran.

Sesuai dengan jadwal, pendaftaran program motis mulai Selasa, 12 Maret hingga 25 Mei 2019. Peserta motis dapat mendaftar secara online dan bisa juga mendaftar langsung di stasiun-stasiun.

Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan dalam program ini memberikan fasiltas motis sebanyak 18.096 motor. Bagi peserta motis yang mendaftar di awal akan mendapatkan keistimewaan berupa fasilitas untuk pembelian tiket KA Ekonomi Komersial dan Public Service Obligation (PSO).

Motis memang program tahunan. Hampir setiap perayaan Lebaran, tidak saja melalui darat dalam hal ini kereta, motis juga dilakukan melalui laut yakni diangkut dengan kapal.

Upaya ini tentu bukan tanpa maksud. Melalui program motis diharapkan warga yang mudik Lebaran dengan menggunakan sepeda motor berkurang. Mereka bisa beralih menggunakan angkutan umum baik darat, laut dan lainnya.

Maklum pada mudik Lebaran tahun 2018, kecelakaan kendaraan bermotor tergolong masih tinggi. Sebagian besar kecelakaan lalu lintas melibatkan pengendara sepeda motor mencapai 1.666 peristiwa.

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mencatat, jumlah korban meninggal dunia selama arus mudik 2018 sebanyak 333 orang.

Masih tingginya kecelakaan kendaraan bermotor tentu publik mengapresiasi program motis. Sudah seharusnya pemerintah memperbanyak menyediakan pelayanan serupa baik melalui darat maupun laut.

Adanya layanan motis setidaknya bisa mengurangi sepeda motor berseliweran di jalanan. Linier dengan itu, diharapkan bisa mengurangi kecelakaan sepeda motor di jalan raya yang sebagian besar dialami pemudik Lebaran.

Terhadap warga yang hendak merayakan Lebaran di kampung halaman jangan alergi memanfaatkan program motis, mudik gratis, dan layanan serupa baik dari pemerintah maupun perusahaan swasta tempat di mana bekerja. Motis maupun mudik gratis itu lebih praktis. Manfaatkanlah. @*