Wednesday, 22 May 2019

Persija Tak Gentar Sambangi Markas Sleman

Kamis, 14 Maret 2019 — 18:20 WIB
Pelatih Persija, Ivan Kolev dan Dany Saputra memberikan keterangan sebelum hadapi PSS Sleman. (MO Persija

Pelatih Persija, Ivan Kolev dan Dany Saputra memberikan keterangan sebelum hadapi PSS Sleman. (MO Persija

JAKARTA – Sukses membawa pulang kemenangan dari Myanmar, Persija ‘Macan Kemayoran’ Jakarta optimis bisa melakukan hal yang sama di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta. Misi itu bakal diusung Persija kala menghadapi tuan rumah PSS Sleman dalam pamungkas fase Grup D Piala Presiden 2019, Jumat (15/3/2019) pukul 18:30 WIB.

Status sebagai tim tamu di laga ini, bukan sebuah hambatan bagi Macan Kemayoran untuk mencuri poin penuh. Status sebagai tim tamu bahkan sudah teruji oleh pasukan Ivan Kolev kala membungkam tuan rumah Shan United 3-1 pada ajang Piala AFC di Myanmar, Selasa (12/3/2019).

Kali ini, Macan Kemayoran bakal melakukan usaha yang sama di kandang PSS Sleman di Piala Presiden 2019. Apalagi kemenangan wajib diraih Mancan Kemayoran di laga terakhir fase Grup D.

Saat ini Macan Kemayoran masih memimpin Grup D dengan empat poin. Namun posisi Ismed Sofyan dan kolega masih bisa gagal lolos ke babak perempatfinal jika kalah dari PSS Sleman pada laga nanti.

Pasalnya, skuad Kolev hanya unggul produktivitas gol dari posisi kedua, Madura United yang akan bentrok dengan juru kunci tanpa angka, Borneo FC pada hari yang sama. Selain itu, PSS Sleman yang berada di urutan ketiga dengan tiga angka, juga masih berpeluang lolos.

Syaratnya, PSS Sleman harus mengalahkan Persija dan lolos ke perempatfinal, bahkan lewat jalur tiga runner-up terbaik. Oleh karena itu, Kolev ogah meremehkan PSS Sleman. Ia berharap bisa menurunkan kekuatan penuh dengan membuat para pemain dalam kondisi lebih bugar pasca pulang dari Myanmar.

“Kami harus membuat kondisi pemain yang baru saja menjalani perjalanan jauh dari Myanmar, siap. Karena problem paling besar di depan kita bagaimana pemain bisa fresh,” tandas Kolev, jelang laga.

Pelatih asal Bulgaria itu bahkan masih belum bisa menetapkan siapa yang bakal bermain pada laga nanti karena masalah kebugaran. Namun ia memastikan jika Riko Simanjuntak masih jadi pilihan utama Kolev sebelum sang pemain terbang ke Australia untuk bergabung dalam pemusatan latihan (TC) bersama Timnas Indonesia senior pada Minggu (17/3/2019). Begitu juga dengan Dany Saputra yang siap mengawal lini belakang Persija.

Bek berusia 28 itu mengaku tetap optimis bisa mengalahkan PSS Sleman yang berstatus tuan rumah. “PSS berstatus tuan rumah, pastinya didukung banyak suporter. Tapi kami semaksimal mungkin. Sebagai pemain pasti akan berusaha bagaimana kita bisa menang untuk lolos ke babak selanjutnya. Mungkin pemain cepat atau lincah bagi saya sama saja. Kita tunjukkin saja apalagi bola bundar kita gak tahu di lapangan seperti apa,” seru Dany. (junius/yp)