Wednesday, 22 May 2019

Satpol PP Kepulauan Seribu Tangkap Dua Kapal Asal Tangerang

Kamis, 14 Maret 2019 — 0:15 WIB
Dua kapal nelayan diamankan Satpol PP tidak memiliki kelengkapan dokumen. (deny)

Dua kapal nelayan diamankan Satpol PP tidak memiliki kelengkapan dokumen. (deny)

JAKARTA – Tidak memiliki dokumen lengkap seperti sertifikat pas kecil, dan juga alat keselamatan, life jacket, dua kapal nelayan asal Cituis, Tangerang,Banten diamankan Satpol PP Kepulauan Seribu, Jakarta.

Kedua kapal tersebut, yakni KM Maju Abadi dan KM Kilat Melimpah Jaya, diamankan petugas saat berada di perairan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Kasi PPNS dan Penindakan Satpol PP Kepulauan Seribu, Sugiri, mengatakan saat ini pihaknya baru sebatas memberikan imbauan dan pembinaan kepada awak dan pemilik kapal. Ia menghimbau, dokumen dan alat keselamatan untuk dilengkapi.

“Kita imbau dan lakukan pembinaan agar mereka mengutamakan keselamatan saat berlayar. Mereka menggunakan alat jaring rampus dan jaring kusrin, jadi kita hanya berikan himbauan,” kata Sugiri, Rabu (13/3).

Diungkapkannya, pengamanan dua kapal tersebut dilakukan dalam rangka patroli laut terkait adanya laporan aktivitas penangkapan ikan ilegal. “Sekaligus juga untuk menegakkan Perda Nomer 8 Tahun 2007, tentang Ketertiban Umum,” tegasnya.

Kegiatan juga, sambungnya, ikut melibatkan personil TNI, Polri serta Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP) Kepulauan Seribu. “Total jumlah petugas yang terlibat ada 60 personil,” jelas Sugiri. (deny/b)