Tuesday, 26 March 2019

BKL di Jaksel Jadi Percontohan di DKI Jakarta

Jumat, 15 Maret 2019 — 8:51 WIB
Ketua PKK DKI Jakarta foto bersama denga bersama dengan lansia. (wandi)

Ketua PKK DKI Jakarta foto bersama denga bersama dengan lansia. (wandi)

JAKARTA –  Bina Kelompok Lansia (BKL) Impala RW04 Kelurahan Pancoran dan BKL Cempaka Tebet, Jakarta Selatan  resmi ditetapkan sebagai BKL percontohan tingkat provinsi DKI Jakarta.

Penetapan ini dilakukan karena di BKL tersebut memiliki sejumlah prestasi dan program unggulan yang menginspirasi pembentukan BKL lain di wilayah DKI Jakarta.

Ketua TP PKK, Ferry Farhati mengaku bangga dengan BKL Impala dan Cempaka ini. Menurutnya dengan keberadaan BKL dinilai sangat dibutuhkan mengingat jumlah lansia di Jakarta cukup tinggi. Makanya kedepan prostasi dan program unggulan milik kedua BKL ini dapat ditularkan kepada BKL lain.

“Saya sangat mengapresiasi dan atas nama PKK menyambut baik BKL Impala dan Cempaka yang telah menjadi percontohan di DKI Jakarta. Makanya ini harus terus di dorong kegiatan-kegiatannya dengan bertujuan untuk kesejahteraan keluarga, terutama lansia yang sangat penting di keluarga,” kata Fery saat mengukuhkan kedua BKL di Pos RW 04 Kelurahan Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2019).

Keberadaan lansia, kata istri Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan, sering dianggap beban dalam keluarga sehingga mereka kurang mendapat perhatian. Padahal peran dan perhatian keluarga sangat menentukan terbentuknya lansia tangguh. Karena lansia itu telah melewati perjalanan hidup  yang panjang.

Sementara itu Tuty Kusumawati Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta menyebut, penduduk lansia di Jakarta mencapai tujuh persen dari total jumlah penduduk.

“Pencanangan BKL ini adalah implementasi dari Pemprov DKI Jakarta untuk program 2017-2022. Salah satunya menjadikan Jakarta kota yang aman, sehat, cerdas, berbudaya dan memperkuat nilai-nilai keluarga,” kata Tuty Kusumawati.

Menurutnya, keberadaan BKL menjadi titik terang untuk menyikapi adanya perubahan demografis yamg terus terjadi di Jakarta. Bahkan saat ini di DKI Jakarta sudah ada sebanyak 756 BKL.

Namun, jumlah itu dirasa belum ideal jika melihat angka lansia yang ada. Makanya ke depan di wilayah lain akan terus di dorong pembentukan BKL ini. Kami juga akan menggelar lomba antar BKL sebagai sinergi antara pemerintah dan para penduduk lansia. (wandi/tri)