Tuesday, 19 March 2019

Debat Cawapres, KPU Bentuk Komite Damai

Jumat, 15 Maret 2019 — 10:00 WIB
Cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin, dan Cawapres 02, Sandiaga Uno saat debat pertama Pilpres 2019. (dok)

Cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin, dan Cawapres 02, Sandiaga Uno saat debat pertama Pilpres 2019. (dok)

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) membentuk Komite Damai untuk mengatasi keributan yang mungkin terjadi dalam debat cawapres pada Minggu, 17 Maret 2019.

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan mengatakan, komite dibuat untuk menghindari arena pada pelaksanaan debat sebelumnya terjadi keributan.

Komite Damai ini dibentuk untuk menghindari keributan antar pendukung seperti yang terjadi pada debat capres putaran kedua.

Rencana ini sudah disepakati Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Komite Damai ini untuk mengatasi jika ada masalah pada debat cawapres,” ujar Wahyu kepada wartawan, Kamis (14/3/2019)

Menurutnya, komite akan diisi dua orang dari masing-masing kubu serta petugas penyelenggara pemilu.

Tercatat dari TKN Jokowi-Ma’ruf Amin ada Arya Bima dan Rizal Mallarangeng. Sementara dari BPN Prabowo-Sandi ada Imelda Sari dan Putra Jaya Husin.

Sedang dari penyelenggara pemilu diwakili Wahyu Setiawan dari KPU dan Mochammad Afifuddin dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Debat nanti mempertemukan Ma’ruf Amin dari kubu pasangan nomor urut 01 dengan Sandiaga Uno dari nomor urut 02. Temanya adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya. (*/yp)