Tuesday, 19 March 2019

Pulau di Kepulauan Seribu Dijual Rp 243 Miliar

Jumat, 15 Maret 2019 — 1:40 WIB
Foto ilustrasi

Foto ilustrasi

JAKARTA – Situs jual beli online dihebohkan dengan adanya penjualan sebuah pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Dalam iklan itu, Pulau Dua Barat ditawarkan seharga Rp243 Miliar.

Melalui situs tersebut, lokasi Pulau Dua Barat ini berdekatan dengan Pulau Dua Timur dan Pulau Pabelokan. Pulau ini berjarak sekitar 85 kilometer dari utara Kota Jakarta.

Memiliki luas 78.000 M2, si pemasang iklan memastikan telah memiliki sertifikat hak milik atas pulau itu. “Dijual satu pulau full. Jual cepat. Harga masih bisa nego,” tulis iklan di situs tersebut.

Berdasarkan tulisan yang tertera di situs, sang pemasang iklan atau penjual tanah bernama Elly Puspawati Widjaja. Di foto profil pemasang iklan tertulis logo agen property LJ Hooker.

Lurah Pulau Harapan, Murta’a mengatakan, pulau itu memang dikuasai perorangan. “Namun, soal informasi dijual atau tidaknya, kami belum tahu persis,” ucapnya, Kamis (14/3).

Berdasarkan Permen Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional No.17 Tahun 2016, tentang Penataan Pertanahan di wilayah pesisir dan pulau kecil paling banyak 70 persen dari pada luas pulau. Sedangkan 30 persennya sisanya dikuasai negara.

BUKAN 1 PULAU

Sementara Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad menepis adanya penjualan pulau di wilayah Kepulauan Seribu. “Yang ada hanyalah jual-beli sebagian lahan di pulau tertentu, bukan jual-beli satu pulau penuh,” terangnya.

Husein menjelaskan, seseorang bisa saja memiliki lahan di pulau itu, tetapi bukan seluruhnya. “Jadi yang dibilang pulau dijual itu kan bahasa. Misalnya saya punya tanah di satu pulau, bukan berarti dimiliki seluruhnya,” tegasnya. (deny/ruh/st)