Sunday, 26 May 2019

Saluran Menyempit Hujan Sebentar Jalan di Rawa Belong Banjir

Jumat, 15 Maret 2019 — 20:06 WIB
Hujan deras satu jam, Jln Daud, Rawa Belong, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakbar tergenang sekitar 30 cm. (Rachmi)

Hujan deras satu jam, Jln Daud, Rawa Belong, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakbar tergenang sekitar 30 cm. (Rachmi)

JAKARTA – Diguyur hujan sekitar satu jam, sejumlah ruas jalan di kawasan Rawa Belong, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat tergenang sekitar 30 centimeter (cm). Warga mendesak Pemko Jakbar segera menormalisasi kali setempat.

Di Jalan Daud dan Jalan Sulaiman kondisi kali nampak menyempit sehingga tidak mampu menampung volume air saat hujan deras pada Jumat (15/3/2019) sekitar pukul 15.00. Ini menyebabkan kemacetan arus lalu lintas sepanjang 100 meter akibat genangan berkisar 30 centimeter.

Saluran air sepanjang tiga meter tampak dipenuhi air kotor. Beberapa sampah di antaranya kayu, gabus hingga sampah plastik memenuhi kawasan itu dan tersangkut dengan pembatas jembatan.

“Genangan di sini sudah rutin karena kali menyempit sehingga setiap hujan lebat airnya meluber ke jalanan,” kata Mulya, warga di lokasi genangan di Jl Daud, Jumat (15/3/2019).

Agar banjir di lokasi tersebut dapat teratasi, Mulya dan warga lainnya minta Pemkot Jakbar segera menormalisasi kali.

Kasudin Sumber Daya Air Jakbar, Imron Syahrin menjelaskan banjir di Rawa Belong disebabkan saluran air yang menyempit serta okupasi kali oleh warga. Untuk pembebasan juga sulit karena warga tidak mau melepas haknya.

“Saya mengerahkan pasukan biru untuk mengeruk kali di Jln Daud dan di Jln Sulaiman secara manual,” ungkap Imron.

Adapun untuk genangan di Jalan Daud dan Jalan Sulaiman diakui Imron hanya sebentar karena biasanya cepat surut. (Rachmi/b)