Saturday, 23 March 2019

Sungai Cimahi di Sukabumi Diduga Tercemar

Jumat, 15 Maret 2019 — 17:07 WIB
Tim DLH Kabupaten Sukabumi mengecek kualitas air Sungai Cimahi, Cibadak yang diduga tercemar.

Tim DLH Kabupaten Sukabumi mengecek kualitas air Sungai Cimahi, Cibadak yang diduga tercemar.

SUKABUMI – Dinas Lingkuhan Hidup (DLH) mengecek kualitas air Sungai Cimahi di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (15/3/2019).

Tindakan itu menyusul beredarnya kabar air Sungai Cimahi tersebut diduga tercemar limbah karena berbau dan berbusa. Bahkan, sejumlan ikan mati mendadak.

Kepala Seksi Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Lingkungan DLH, Yusdistira memaparkan, pengecekan yang melibatkan jajaran Muspika ini untuk mengidentifikasi kualitas air sungai.

cemar3

“Kita ambil semple busa dan air dari kolam penampungan dari hasil pengelola limbah dari kolam satu dan dua untuk kita uji di lab yang sudah terakreditasi,” jelasnya.

Sejauh ini, kata Yudis, DLH belum bisa memastikan tercemar atau tidak? Sebab, uji laboratorium membutuhkan waktu beberapa hari.

cemar

“Kami juga meninjau dan pengindentifikasi ke sejumlah mesin dan kolam pembuangan limbah serta proses saat melakukan proses pembuangan limbah beberapa perusahaan,” ungkapnya.

HRD sebuah perusahaan garmen, Abdul Haris membenarkan tim gabungan DLH mengecek lokasi pembuangan limbah perusahaannya.

“Kami selaku perwakilan dari perusahaan sudah mengantongi izin yang sudah dibuat. Kami juga selalu koordinasi dengan pemerintah dengan keberadaan kolam dan alat pengelola limbah,” tegasnya. (sule/b)