Sunday, 26 May 2019

Undian Liga Champions, MU Harus Mengalah Kepada Man City

Jumat, 15 Maret 2019 — 8:08 WIB
Liga Champhions. (ist)

Liga Champhions. (ist)

SWISS- Seperti dilansir dari laman resmi UEFA, undian delapan besar atau perempat final Liga Champions akan dihelat pada Jumat (15/3) di Nyon, Swiss pukul 18.00 WIB.

Seperti diketahui delapa tim sudah memastikan diri berlaga memperebutkan tempat semifinal liga bergengsi di benua biru itu.

Kedelapan tim itu Manchester United, Manchester City, Tottenham Hotspur, Liverpool, Porto, Ajax, Juventus, dan Barcelona.

Rupanya karena ada dua tim dari kota Manchester, Inggris, akhirnya membuat UFEA harus mengambil keputusan baru yaitu MU wajib mengalah kepada City.

Seperti diketahui peraturan pengundian di perempat final tidak lagi melihat ada tim unggulan dan tim satu liga bisa saling berhadapan. Seperti empat tim dari Liga Inggris tidak tertutup kemungkinan saling bunuh di perempat final nanti.

Hanya saja Man United dan Man City tidak boleh menggelar laga kandang pada saat bersamaan. Maksudnya jika kedua tim tidak bertemu, dan harus menghadapi tim lain, tidak tertutup kemungkinan pada saat bersamaan jadi tuan rumah.

Hal itu tidak diperbolehkan oleh UEFA . Dengan kata lain Manchester United tidak diizinkan menggelar partai kandang di Old Trafford jika jadwal tersebut digelar bersamaan dengan partai kandang Manchester City di Etihad Stadium.

Dalam hal ini, United harus mengalah dari City. Ini dilakukan karena peringkat United lebih rendah ketimbang City di Liga Primer Inggris musim lalu. Setan Merah harus rela bertandang lebih dulu di leg pertama sebelum menjadi tuan rumah di leg kedua.

“Manchester City dan Manchester United tidak diperbolehkan menggelar laga kandang di hari yang sama atau dua hari beruntun, menyusul keputusan otoritas pemerintah lokal,” demikian pernyataan resmi UEFA.

“Jika hasil undian mengharuskan kedua tim bermain di pekan yang sama, maka tim yang finis lebih rendah di kompetisi domestik musim sebelumnya akan ditukar jadwalnya sesuai aturan.”

UEFA menambahkan, aturan ini tidak hanya berlaku di perempat-final Liga Champions, tapi juga di semi-final andai United dan City terus melaju.

Menurut jadwal, leg pertama perempat-final Liga Champions akan dihelat 9-10 April dan 16-17 April.(b)