Friday, 22 March 2019

Ambles, Turap Kali Penghubung di Ciragil Diperbaiki

Sabtu, 16 Maret 2019 — 22:18 WIB
kalipenghubung

JAKARTA- Turap kali penghubung (PHB) Ciragil, Jalan Rajasa, Kelurahan Selong, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, yang ambles akhirnya rampung dikerjakan oleh Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA). Perbaikan turap sepanjang 318 meter ini memakan waktu hampir dua bulan lebih.

Kepala Seksi Pembangunan Suku Dinas Sumber Air, Jakarta Selatan Didi Sugandhi, mengakui kalau perbaikan turap PHB Ciragil sudah selesai. Menurutnya perbaikan ini sendiri dimulai sejak 16 Januari 2019 dan pertengahan bulan ini telah rampung seluruhnya.

“Perbaikan turap saluran PHB Ciragil sudah rampung. Hanya tinggal perapihan sisa tanah bekas galiannya saja, mudah-mudahan jika terjadi hujan nanti tidak akan menimbulkan dampak banjir lagi,” kata Didi Sugandhi, Sabtu (16/3).

Menurutnya, perbaikan ini merupakan tindak lanjut dari laporan masyarakat agar turap yang longsor segera diperbaiki. Selan itu PHB tersebut juga terlalu sempit sehingga perlu dilakukan pelebaran agar daya tampung dapat dilakukan dengan baik.

Turap itu ambrol kata Didi akibat termakan usia. Dengan total panjang turap yang rusak dan diperbaiki mencapai 318 meter. Perbaikan turap menggunakan batu kali dengan kolom coran melampaui tiga meter, agar kokoh dan tidak cepat rusak. Bagian dasar dan atas turap dipasangi sloof atau di beton.

Hendrik, seorang warga mengaku senang PHB Ciragil selesai diperbaiki. Selama ini warga was-was setiap kali ada hujan besar karena khawatir air akan meluap dan menggenangi pemukiman warga.

“Sekarang tidak khawatir lagi karena selain salurannya sudah bersih, juga lebar sehingga mampu menampung air banyak. Selama ini kalau hujan sebentar saja pasti air meluap dan menggenangi pemukiman warga, “terang Hendrik. (wandi/b)