Tuesday, 26 March 2019

Diperiksa Terkait OTT Romahurmuziy

KPK Perbolehkan Sekjen Kemenag Pulang

Sabtu, 16 Maret 2019 — 10:46 WIB
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. (cw6)

Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. (cw6)

JAKARTA – Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag), M Nur Kholis Setiawan sempat datang ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk diminati klarifikasi terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang menyeret Ketua Umum PPP, M. Romahurmuziy alias Romi, Jumat (15/3/2019) malam.

Namun, sekitar pukul 03.00 WIB Sabtu (16/3/2019) dini hari, Nur Kholis diperbolehkan pulang oleh penyidik KPK.

“Untuk Sekjen Kemenag, tadi malam datang ke KPK. Setelah klarifikasi selesai sekitar pukul 03.00 WIB dini hari, yang bersangkutan telah meninggalkan gedung KPK,” ucap Juru Bicara KPK, Febri Diansyah.

(Baca: Selain Romi, KPK Ternyata Juga Tangkap Sekjen Kemenag)

Saat ini, lanjut Febri, penyidik KPK masih memeriksa enam orang termasuk Romi, pejabat di Kementerian Agama dan pihak swasta terkait kasus dugaan pengisian jabatan di Kementerian Agama.

“Terkait dengan perkara, sebelum 24 jam berakhir pagi ini, KPK telah menentukan status hukum perkara dan orang-orang yang diamankan kemarin. Hasil dan barang bukti akan kami sampaikan pada Konferensi Pers yang direncanakan pukul 11.00 WIB,” tandas Febri.

(Baca: KPK Segel Beberapa Ruangan di Rumah Romi)

Sebelumnya, OTT ini diduga terkait pengisian jabatan di Kemenag. Namun, KPK belum menjelaskan secara rinci terkait penangkapan yang menyeret Romi itu. Adapun sejumlah uang yang turut diamankan KPK dalam OTT.

“KPK juga mengamankan sejumlah uang yang diduga terkait dengan pengisian jabatan di Kementerian Agama. Hal ini kami duga sudah terjadi beberapa kali sebelumnya,” kata Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan. (cw6/mb)